Cerita Pria Peliharaan (Gendakan) PSK di Kramat Tunggak

Dulu nama Kramat Tunggak identik dengan lokalisasi terbesar di Jakarta. Sejak zaman Gubernur Sutiyoso, kawasan lokalisasi digusur dan diganti menjadi Jakarta Islamic Centre. Waktu itu lokalisasi di wilayah Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, diisi lebih dari 2.000 orang PSK. Mereka dikendalikan 285 mucikari pemilik rumah bordil.

Kini, para PSK terbilang masih beroperasi walaupun jumlahnya tak besar. Mereka bersiap diri menjajakan tubuhnya kepada lelaki asing yang membayarnya.

Tapi, tak semua PSK mau dibayar, bahkan mereka harus merogoh kocek lebih dalam untuk pria yang disukainya, entah merasa kasihan atau jatuh hati.
Ilustrasi foto PSK di Kramat Tunggak, Jakarta
Ilustrasi foto PSK di Kramat Tunggak, Jakarta. (Foto: Instagram)
Dikutip dari buku 'Perempuan-perempuan Kramat Tunggak' karya almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih, terbitan tahun 2010. Tindakan ini dikenal dengan istilah 'gendakan'. Para pria ini sehari-harinya dibayari kebutuhannya oleh para PSK. Mereka seolah menjadi pria simpanan para PSK tersebut.

Gendakan merupakan tindakan yang tabu bagi para PSK di Kramat Tunggak. Bahkan para germo, penjaga keamanan hingga petugas sosial melarang hal itu. Sebab, pria-pria tersebut lebih banyak merugikan keuangan para PSK.

Jika cemburu, tak jarang para gendokan ini berkelahi dengan tamu wanitanya. Tidak sedikit pula lelaki itu membahayakan nyawa PSK yang menafkahinya.

"Gendakan itu cuma merugikan si Nona. Sudah susah payah mencari uang, habis dikuras gendaknya. Bukannya ngasih uang, gendak itu malah kebanyakan diongkosin anak asuh di sini, dibayari minum makannya, juga keperluannya yang lain," ungkap salah satu germo.

Meski begitu, pendapat yang diutarakan oleh germo ditanggapi berbeda oleh anak asuhnya. banyak di antara mereka beranggapan para gendak tersebut lelaki yang baik, tak jarang pula yang menganggapnya sebagai jodoh yang bisa menaikkan harga diri mereka di masa mendatang.

Tapi, tak sedikit pula yang mengaku kasihan terhadap gendak. Bahkan mereka rela membayari kebutuhan pria yang dipujanya meski tak mendapat jaminan bakal dinikahi. Walau seringkali juga mereka akhirnya dikecewakan.
Cerita Pria Peliharaan (Gendakan) PSK di Kramat Tunggak Cerita Pria Peliharaan (Gendakan) PSK di Kramat Tunggak Reviewed by Amborsius Ambarita on 9/20/2015 02:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.