David Coulthard: Rio Haryanto Pebalap Bagus Tapi Mobil Manor Tak Cepat

Selain kemampuan berkendara pebalap, untuk menjadi yang tercepat di Formula 1, faktor yang jadi penentu yaitu performa mobil. Namun, yang pasti, keduanya tidak bisa dipisahkan, dan harus jalan beriring.
Mobil Manor dinilai tak cukup cepat untuk Rio  Haryanto
Mobil Manor dinilai tak cukup cepat untuk Rio Haryanto. (Foto: Facebook/ManorRacing)
Kata-kata tersebut terlontar dari ucapan David Coulthard, mantan pebalap F1 era 1994 sampai 2008, saat berbincang dengan KompasOtomotif, terkait dengan kondisi Rio Haryanto, yang saat ini membela tim Manor Racing. Sudah jadi hal pasti kalau kecepatan mobil merupakan unsur penting ketika ingin memiliki posisi bagus di F1.

“Dengan pengalamannya yang masih sedikit di bawah Pascal, Rio bisa dikatakan tampil cukup mengejutkan, dengan kondisi apa adanya saat ini. Salah satu kendala Rio saat ini, yaitu mobil yang tidak cepat,” ujat David, Jumat (20/5/2016).

David menambahkan, kalau yang dikendarai bukan merupakan mobil bagus, jika dibanding dengan tim lain yang ada di posisi teratas. Namun, memang harus dimaklumi, Manor sudah bekerja sangat baik, dengan dana yang dimilikinya.

“Tapi saya pikir Manor cukup bekerja dengan baik. Mereka harus menyesuaikan semua dengan apa adanya yang mereka miliki saat ini,” ucap David.



Potensi Rio

Sebelum menutup perbincangan, David mengatakan, kalau Rio memiliki peluang untuk berkembang dan maju di masa depan. Apalagi jika Rio menunggangi mobil dengan kecepatan tinggi.

“Rio jelas punya potensi bagus untuk masa depannya. Sama seperti yang lain, dia seharusnya memang ada di mobil yang bagus. Karena akan sulit mendapatkan kemenangan atau posisi yang bagus di Formula 1, jika kendaraan yang ditunggangi tidak bagus,” tutur David.

Sempat beredar kabar di Indonesia, kalau Rio Haryanto akan punya mentor veteran pebalap Formula 1, David Coulthard. Namun, hingga beberapa seri ini, David belum nampak ada bersama Rio di paddock Manor Racing. KompasOtomotif kemudian coba mengkonfirmasi terkait kabar tersebut.

“Sejujurnya saya tidak begitu mengenal secara khusus Rio Haryanto. Untuk saat ini, saya juga tidak dalam kontrak membantu Rio dalam pertandingan Formula 1 musim ini,” ujarnya.

David melanjutkan, dirinya akan sangat senang dan bersedia, jika Rio ingin dimentori oleh dirinya dengan meminta langsung kepada David. Namun, sampai saat ini Rio sendiri belum menemuinya dan meminta hal tersebut.

“Saya akan jadi mentor seseorang ketika mereka meminta saya secara pribadi. Namun terkait dengan Rio, dirinya tidak meminta saya untuk membantunya. Saya juga tidak bisa menjawab semua pertanyaan Rio, namun saya memilki opini untuk memberikan petunjuk atau hal lain, untuk bisa membantunya. Tentu saya akan melakukannya jika ia meminta,” ujar David.

Pria flamboyan yang tenar dengan julukan DC ini adalah mantan pebalap asal Inggris, yang pernah tampil di F1 sejak 1994 hingga 2008. Pada eranya, DC sudah memperkuat tiga tim besar, seperti Williams, McLaren dan Red Bull. Namun, saat ini David sudah tidak aktif menjadi pebalap.
David Coulthard: Rio Haryanto Pebalap Bagus Tapi Mobil Manor Tak Cepat David Coulthard: Rio Haryanto Pebalap Bagus Tapi Mobil Manor Tak Cepat Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/21/2016 07:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.