Ini Alasan Ahmad Dhani Cs Gelar Konser Revolusi Pancasila di Gedung DPR

Ahmad Dhani tampil dalam Konser Revolusi Pancasila di Gedung DPR
Ahmad Dhani tampil dalam Konser Revolusi Pancasila di Gedung DPR. (Detikcom)
Ahmad Dhani dan Dewa 19 akan menggelar konser bertajuk "Revolusi Pancasila" di gedung anggota dewan pada hari ini, Kamis, (26/5/2016). Apa pesan moral yang disampaikan Ahmad Dhani dkk?

Konser tersebut akan digelar di ruang Pustaloka Gedung Nusantara IV. Selain Dewa 19, penyanyi yang akan hadir memeriahkan acara ini antara lain, Judika, Ari Lasso, Virzha, dan Alex Rudiart. Konser dimulai pukul 19.00 WIB, masyarakat diperkenankan menonton setelah mendaftarkan diri di pihak terkait.

Selain acara konser musik, akan digelar juga seminar dengan tema yang berkaitan dengan Pancasila. Pembicara yang dihadirkan antara lain, cucu sang proklamator, Rachmawati Soekarnoputri, pakar hukum Margarito Kamis, aktivis perempuan Ratna Sarumpaet dan Yudi Latief. Tema "Revolusi Pancasila" juga dipilih dalam seminar tersebut.



Akhir-akhir ini memang kecintaan masyarakat Indonesia terhadap nilai-nilai Pancasila tengah disorot. Masih segar di ingatan kita, kasus penyanyi dangdut Zaskia Gotik beberapa waktu lalu yang dianggap merendahkan Pancasila dengan menyebut lambang dari sila ketiga dengan "bebek nungging".

Belum lagi isu paham komunis yang tengah berkembang kembali di bumi Pertiwi. Nilai-nilai Pancasila dinilai banyak pihak harus benar-benar ditanamkan agar merasuk di jiwa rakyat Indonesia.

Lantas, apa makna dibalik Ahmad Dhani menggelar konser ini? Apakah ini bagian dari manuver politik terkait niat pencalonannya dirinya sebagai gubernur atau wakil gubernur DKI Jakarta?

Pentolan grup band Dewa 19 ini menyebut konser ini diselenggarakan atas inspirasi dari wakil ketua DPR Fadli Zon.

"Jadi acara ini terinspirasi dari Fadli Zon, beliau mengundang saya pameran lukisan di Pustakaloka. Saat itu saya merasa DPR mulai ada unsur-unsur apresiasi pada budaya, itu penting menurut saya," ujar Ahmad Dhani sebelum konser di Media Center Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, (26/5/2016).

"Saya berharap ada 100 orang yang seperti Fadli Zon supaya DPR memperhatikan seni dan budaya," imbuhnya.

Bagi Dhani yang sempat sesumbar maju Pilkada DKI ini menyebut gedung anggota dewan sudah selayaknya digunakan untuk mengapresiasi seni dan budaya Indonesia.

"Akhirnya ide kebetulan bertemu dengan Ratna Sarumpaet yang ingin membikin konser Pancasila. Keinginan kita kepada UUD 1945 yang murni dan tidak amandemen. Mereka yang bisa mengembalikan UUD 1945 kepada asalnya ya di sini," tutur dia.

Sementara itu Fadli Zon menyebut ide Ahmad Dhani dan kawan-kawan ini sebagai ide kreatif. Baginya, nilai-nilai akan lebih mudah tersosialisasi melalui pagelaran seni seperti seni musik.

"Ini inisiatif yang kreatif. Pernah kita lakukan pameran keris, filateli, batu akik. Konser ini jauh lebih mudah dicerna sekaligus mensosialisasikan Pancasila sebagai ideologi bangsa sebagai pandangan hidup. Kami menyambut positif inisiatif Ahmad Dhani," tutur Fadli.
Ini Alasan Ahmad Dhani Cs Gelar Konser Revolusi Pancasila di Gedung DPR Ini Alasan Ahmad Dhani Cs Gelar Konser Revolusi Pancasila di Gedung DPR Reviewed by Amborsius Ambarita on 5/26/2016 07:20:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.