Asal Bukan Ahok, Siapa yang Didukung Gerindra-PKS-PAN di Pilgub DKI?

Sandiaga Uno (kiri), kandidat calon Gubernur DKI oleh Gerindra
Sandiaga Uno (kiri), kandidat calon Gubernur DKI oleh Gerindra. (Liputan6.com)
Menjelang Pilgub DKI, mayoritas parpol belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai cagub-cawagub. Namun beberapa parpol memastikan tak akan mengusung cagub incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Lalu siapa yang bakal mereka usung?

Di kalangan parpol anti Ahok muncul istilah asal bukan Ahok. Salah satu parpol yang tak akan mengusung Ahok adalah Gerindra yang pernah mengusung Ahok di Pilgub 2012, namun kemudian Ahok keluar sebagai anggota partai itu.



"Dalam pilgub Februari yang akan datang sudah pasti Gerindra tidak akan mencalonkan Ahok. Mau KTP 1 atau 2 juta pasti tidak akan mencalonkan," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2016).

Gerindra memang punya pengalaman tak menyenangkan dengan cagub DKI incumbent itu. Di Pilgub 2012 silam Ahok diusung PDIP-Gerindra namun kemudian malah keluar dari parpol pimpinan Prabowo itu.

"Ahok itu bukan siapa-siapa, kita calonkan, kita perjuangkan. Pada saat itu Jokowi belum kenal Ahok, sejarahnya seperti itu. Akhirnya kita paksakan dan perjuangkan dengan Ahok, akhirnya terpilih," ungkitnya.

Tak hanya Gerindra, PAN juga menyatakan pandangan senada. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengemukakan hal itu di acara buka bersama pengurus PAN semalam.

"Yang penting bukan Ahok! Yang jelas bukan Ahok," kata Amien di acara buka bersama dengan pengurus PAN DKI di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Amien Rais tidak mau menjelaskan alasannya kenapa tidak mau mendukung Ahok. "Saya tidak mau komentar, saya memberi masukan tentang Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Ketum PAN Zulkifli Hasan yang berada di tempat yang sama menyatakan bahwa saat ini partainya belum menentukan sikap. Saat ini, kata Zulkifli, pihaknya sedang menggalang koalisi agar bisa mengikuti gelaran Pilgub Jakarta.

"Siapa yang akan disepakati, terbuka semuanya, partai belum memutuskan. Kan PAN lagi menggalang koalisi, sekarang dalam tahap penjajakan. Kalau mengusungnya, sudah jelas dari PAN adalah Suyoto. Kita nggak bisa sendiri, yang bisa sendiri itu cuma PDIP," jelas Zulkifli.

Jauh hari PKS juga mengutarakan akan berkoalisi di Pilgub DKI, kecuali dengan parpol yang resmi mendukung independen yakni NasDem, Hanura, dan Golkar. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Syakir Purnomo telah bertemu dengan sejumlah parpol untuk merumuskan koalisi tersebut.

"Yang potensinya kecil adalah yang sudah mendukung kandidat independen (NasDem dan Hanura -red)," kata Syakir awal Mei lalu.

Sebenarnya PDIP dan PKB juga menggalang koalisi dengan parpol tersebut. Namun memang kedua parpol ini masih ada sedikit peluang untuk mengusung Ahok. Meski khusus di PDIP juga mulai menguat dorongan pencalonan Tri Rismaharini yang kini menjabat Wali kota Surabaya menjadi cagub DKI.

Lalu siapa yang akan diusung parpol anti Ahok itu di Pilgub DKI?

Belum ada yang pasti terkait hal ini, untuk saat ini Gerindra punya tiga kandidat cagub DKI yakni Sandiaga Uno, Yusril Ihza Mahendra dan Sjafrie Sjamsoeddin. Sementara itu PAN punya Suyoto, sedangkan PKS sampai kini belum melakukan pembahasan final soal cagub DKI.
Asal Bukan Ahok, Siapa yang Didukung Gerindra-PKS-PAN di Pilgub DKI? Asal Bukan Ahok, Siapa yang Didukung Gerindra-PKS-PAN di Pilgub DKI? Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/21/2016 09:12:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.