Bareskrim Polri Grebek Pabrik Pembuat Vaksin Palsu di Tangsel

Penampakan vaksi palsu yang diproduksi pabrik di Pondok Aren, Tangsel
Penampakan vaksi palsu yang diproduksi pabrik di Pondok Aren, Tangsel. (Detikcom)
Bareskrim Polri membongkar pabrik vaksin palsu di Pondok Aren, Tangerang Selatanpada Selasa (21/6). Ada lima orang yang diamankan yakni M, T, A, S, dan L. Demi keuntungan rupiah, mereka memalsukan vaksin campak, polio, BCG, tetanus, dan hepatitis B dan menjualnya ke sejumlah rumah sakit.

Direktur Tipid Eksus Bareskrim Polri, Brigjen Agung Setya, Rabu (22/6/2016) mengungkapkan, di lokasi pabrik ditemukan tempat yang tidak steril dan penuh dengan obat berbahaya lainnya serta alat untuk membuat vaksin mulai dari botol ampul, bahan-bahan berupa larutan yang dibuat tersangka dan labelnya.



"Pelaku mengisi ampul dengan cairan buatan sendiri yang menyerupai vaksin aslinya dengan menempelkan merk dan label. Cairan buatan pelaku tersebut berupa antibiotic gentamicin dicampur dengan cairan infus," urai Agung.

"Ini mulai dari para pengguna dalam hal ini rumah sakit di daerah Bogor, yang mencurigai kiriman vaksin yang diterima mencurigakan. Setelah ditelusuri ditemukan distributor dan apotek yang sengaja mengedarkan vaksin palsu," jelas Agung.

Para pelaku kemudian digiring ke Bareskrim Polri dengan barang bukti. Pemeriksaan dilakukan secara intensif untuk mengungkap lamanya pembuatan pabrik palsu ini serta peredarannya. Khawatir sudah ada masyarakat yang menggunakan vaksin palsu ini.

Para pelaku sudah melakukannya sejak lama dan menyebarkan ke kawasan Jabodetabek. "Balai POM diminta untuk berkoordinasi dengan penyidik untuk mengungkap jaringan distribusi dan produsen vaksin palsu," jelas Agung.

Para pelaku membuat vaksin palsu dari obat berbahaya lainnya serta bahan-bahan berupa larutan. Para pelaku sudah ditahan dan diperiksa di Bareskrim.

Para pelaku dijerat karena mengedarkan sediaan farmasi berupa obat/ vaksin tanpa dilengkapi izin edar dan atau tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu sebagaimana dimaksud dalam pasal 196 jo Pasal 98 dan atau Pasal 197 jo Pasal 106 dan atau Pasal 198 jo Pasal 108 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan atau Pasal 62 jo Pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,
Bareskrim Polri Grebek Pabrik Pembuat Vaksin Palsu di Tangsel Bareskrim Polri Grebek Pabrik Pembuat Vaksin Palsu di Tangsel Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/21/2016 07:41:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.