Benarkah NU Minta Jatah Menteri ke Jokowi?

Jokowi menyebut menteri di kabinetnya ada 6 dari NU
Jokowi menyebut menteri di kabinetnya ada 6 dari NU. (Detikcom)
PBNU menepis pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa ada 6 menteri dari NU di Kabinet Kerja. Apakah ini berarti PBNU meminta jatah menteri ke Jokowi? Saat ditanya, Ketua PBNU Marsudi Syuhud enggan memberi jawaban frontal. Dia hanya menegaskan bahwa PBNU tidak memiliki perwakilan di kabinet.

"Dari PBNU tidak ada (di kabinet)," ujar Marsudi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2016).

Empat menteri dari PKB yaitu Mendes Marwan Jafar, Menpora Iman Nahrowi, Menaker Hanif Dhakiri, dan Menristek Dikti M Nasir disebutnya bukan perwakilan NU. Begitu pula dengan Mensos Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Ketum Muslimat NU.

Marsudi menepis angka 6 menteri yang disebut Jokowi. Empat menteri dari PKB dianggapnya juga bukan perwakilan PBNU. "Yang 4 itu PKB. Khofifah itu timses. Dari PBNU tidak ada," ujarnya.

Meski begitu, Marsudi enggan bicara banyak soal rencana Jokowi merombak kabinet. Pihaknya menyerahkan kepada Presiden. "Masalah reshuffle urusan Presiden," ucap Marsudi.



Rabu (8/6) malam, Jokowi menghadiri peringatan haul tiga tahun meninggalnya Taufiq Kiemas. Pada saat memberikan sambutan, Jokowi tiba-tiba menyinggung reshuffle kabinet. Jokowi bicara soal jumlah menteri yang berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Di hadapan Ketum PBNU Said Aqil Siradj, Jokowi menyebutkan jumlah menteri dari kalangan NU.

"Saya mau klarifikasi mengenai menteri NU. Tadi diam-diam saya hitung ada 6. Jadi NU ada," kata Jokowi dalam sambutannya di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, itu.

Sebaliknya Jokowi tak menghitung jumlah menteri asal Muhammadiyah. "Muhammadiyah, karena Dr Haedar enggak tanya, saya enggak ngitung," seloroh Jokowi disambut tawa hadirin. Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir juga dalam acara itu.

"Saya jadi ingat reshuffle kalau begini," tambah Jokowi lagi-lagi disambut tawa para tamu undangan.
Benarkah NU Minta Jatah Menteri ke Jokowi? Benarkah NU Minta Jatah Menteri ke Jokowi? Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/09/2016 03:03:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.