Cara Alami untuk Mengurangi Kebiasaan Ngorok

Seorang pria sedang mengorok di kereta api
Seorang pria sedang mengorok di kereta api. (Foto: Istimewa)
Mendengkur alias ngorok bisa membuat orang lain yang mendengarnya terganggu. Terlebih pasangan yang tidur seranjang. Memang, mendengkur kronis bisa berisiko masalah kesehatan serius seperti sleep apnea. Untuk itu, penting mengecek kondisi Anda ke dokter.

Seperti disampaikan Dr Mark Hendricks, direktur layanan medis di HCA's Fairview Park Hospital, Georgia ada beberapa cara untuk mengetes sleep apnea. Pasien bisa menginap di observatorium tidur khusus untuk dipantau berapa kali mereka mengalami henti napas atau napas pendek per jam yang dikenal dengan apnea-hypopnea index (AHI).

"Kita juga bisa melakukan tes di rumah dengan menggunakan perangkat portable kecil di mana pasien memiliki sensor di bawah hidung dan jari untuk memantau aliran udara," kata Hendricks.

Nah, sebagai pertolongan pertama mengurangi dengkuran, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan seperti dikutip dari Fox News berikut ini:

1. Gunakan posisi tidur yang tepat

Sebaiknya hindari posisi telentang. Tidur miring bisa membantu menjaga dasar lidah agar tidak ke bagian belakang tenggorokan dan menghambat pernapasan.

"Jika Anda cenderung hanya mendengkur jika dalam posisi telentang, coba pakai kaos dengan kantong di belakangnya dan taruh bola tenis di belakang Anda sebagai latihan supaya tak terbiasa lagi tidur telentang," kata Shelby Harris, PsyD dari Sleep-Wake Disorders Center at Montefiore Medical Center, New York.

2. Membersihkan saluran hidung

"Saya sarankan gunakan air hangat untuk mandi sebelum tidur karena ini bisa membantu membuka saluran hidung. Bahkan, menyediakan sebotol air garam di kamar mandi dan memakainya untuk membasuh saluran hidung saat mandi bisa menjaga saluran hidung tetap terbuka," kata Hendrick.

3. Perhatikan kebersihan kasur

Menurut Hendrick, penting pula mengganti seprai dan sarung bantal dengan teratur guna mengurangi tungau dan debu di tempat tidur. Kemudian, bersihkan kipas angin dan AC pula dengan rutin. Sebisa mungkin, jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur.

4. Kurangi peradangan

Dokter naturopati di New York, Dr Gabrielle Francis mengatakan peradangan bisa mempersempit bagian di tenggorokan yang berguna untuk bernapas dan sebagian rongga hidung. Sauna dengan beberapa rempah-rempah dianjurkan oleh Francis guna membantu mengurangi peradangan.

"Anda juga perlu mengetahui sebab pasti peradangan yang terjadi. Herba seperti kunyit dan jahe juga baik digunakan untuk mengurangi peradangan. Anda bisa menambahkannya di masakan atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen," tutur Francis.

5. Sejajarkan kembali leher

Francis yang juga seorang chiropractor mengatakan tidak sejajarnya tulang leher juga bisa menghalangi tabung pada leher yang memungkinkan pengeringan cairan di kepala. Akibatnya, tabung tersebut lebih padat dan berlendir.

"Anda bisa melakukan penyesuaian tulang leher ke chiropractor yang pastinya memiliki izin praktik dan bersertifikat. Bisa juga menggunakan bantal khusus yang disebut bantal serviks untuk membantu mendukung kurva leher," kata Francis.
Cara Alami untuk Mengurangi Kebiasaan Ngorok Cara Alami untuk Mengurangi Kebiasaan Ngorok Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/06/2016 07:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.