Cerita Lagu Nova Rizqi Romadhon 'Lelaki Kerdus' yang Kini Disoal

Lelaki Kerdus oleh Nova Rizqi Romadhon
Lelaki Kerdus oleh Nova Rizqi Romadhon. (Youtube)
Netizen di media sosial banyak membahas sebuah lagu di YouTube yang dinyanyikan seorang anak bernama Nova Rizqi Romadhon. Lagu yang dinyanyikan Nova 'Lelaki Kerdus'. Tak diketahui apa maksud judul lagu itu.

Pastinya di media sosial mulai dari twitter sampai path pada Rabu (29/6/2016) banyak yang menyayangkan seorang anak menyanyi lagu seperti itu.



Di dalam lagu dengan nada dangdut itu, Nova berkisah tentang ayahnya. Lirik lagu itu menyampaikan kemarahan pada sosok ayah yang menduakan ibunya. Tak hanya itu saja, di lirik itu juga digambarkan terjadinya KDRT, si ayah memukuli ibu karena meminta cerai.

Di bagian reff ada beberapa anak yang kemudian mengutuk si ayah dengan menyebut lelaki kencrot, lelaki kerdus, hingga lelaki mencret. Berikut liriknya.

Bapakku Kawin Lagi
Aku Ditinggalin
Aku sakit hati
Ibuk ku diduain
Ibukku minta cerai
Tapi dipukulin
Bapakku pengkhianat
Ibukku dibohongin

Lelaki kardus
Lelaki karpet
Lelaki kencroot
Lelaki bangkrut
Lelaki mencret
Lelaki karbet
Lelaki bangsat

Tak pelak publik resah dengan apa yang terjadi. Di mana seharusnya anak-anak bermain riang, tapi anak yang tampil di YouTube itu menyanyikan lagu dewasa, #ripbintangkecil. Berikut video lagu ini.


Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam sudah melakukan pelacakan dan konfirmasi mengenai asal muasal lagu itu.

"KPAI sudah berkomunikasi dengan pencipta lagu anak yang terkait dengan pengasuhan. Yang bersangkutan menyatakan bahwa lagu tersebut adalah kisah nyata anak dan perempuan yang 4 tahun lalu menjadi korban poligami yang kemudian dia nikahi," jelas Niam, Rabu (29/6/2016).

"Mereka berdua stres dan tidak bisa bicara. Ibunya sudah sembuh tapi anaknya yang berusia 8 tahun masih bisu," tambah Niam.

KPAI melakukan komunikasi dengan pencipta lagu itu juga karena mendapat aduan. Banyak yang menyayangkan Nova yang masih anak menyanyikan lagu dewasa bahkan terkesan vulgar.

"Walaupun kisah nyata, visualisasi dengan lirik tentang perceraian dan dengan bahasa yang kasar jelas melanggar etika dan moral perlindungan anak," urai dia. Nurul, ibunda Nova berang saat ada yang menyoal kiprah anaknya. Menurutnya, hak anaknya untuk menyanyikan lagu apa saja.

"Memangnya kenapa? Biar saja menyanyikan lagu. Ini terinspirasi kisah nyata," jelas Nurul dengan logat madura yang kental, Rabu (29/6/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Sayangnya Nova sedang tak di rumah jadi tak bisa diwawancara. Nurul menjelaskan video di YouTube dengan judul 'Lelaki Kerdus' itu dibuat beberapa tahun lalu. Kini Nova menurutnya sudah berusia 15 tahun dan bersekolah di SMP.

"Sekarang lagi libur puasa, nggak manggung dulu. Biasanya manggungnya sampai ke Malang," terang warga Bangkalan Madura ini.

Nurul tak detil soal lagu yang kata dia terinspirasi dari kisah nyata itu. "Pokoknya saya sekarang sudah bahagia, saya punya suami ada anak. Anak saya juga mau berkarya menyanyikan lagu," tutur dia.

Dia berharap apapun yang terjadi, anaknya tetap berkarier sebagai penyanyi. Nova menurutnya bebas saja bernyanyi apakah lagu anak atau dewasa.

"Saya mau anak saya bisa bernyanyi," tutup dia.
Cerita Lagu Nova Rizqi Romadhon 'Lelaki Kerdus' yang Kini Disoal Cerita Lagu Nova Rizqi Romadhon 'Lelaki Kerdus' yang Kini Disoal Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/29/2016 07:21:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.