Cerita Polda Lampung Dapat Penghargaan Google Hoax?

Foto ucapan selamat kepada Polda Lampung yang beredar di media sosial
Foto ucapan selamat kepada Polda Lampung yang beredar di media sosial. (Istimewa)
Belakangan ini, netizen di media sosial soal Polda Lampung yang diberitakan mendapat penghargaan dari google karena paling banyak searching website tribrata. Situs itu yakni tribrata merupakan milik Polri dan biasanya, setiap Polda memiliki situs tribrata sendiri yang merujuk ke wilayahnya.

Publik mempertanyakan apa benar google memberikan penghargaan untuk Polda Lampung? Apalagi selama ini Google tidak pernah ada kabar memberikan penghargaan seperti itu.

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih memberi penjelasan pada Sabtu (4/6/2016) pagi. Ia kemudian bertutur soal penghargaan itu. Ada dua orang yang datang ke Polda Lampung. Dua orang itu kemudian memberitahu kalau Polda Lampung mendapat penghargaan dari google. Penghargaan itu karena situs tribrata yang banyak di-searching. Bahkan Polda Lampung diundang ke Amerika Serikat untuk mendapatkan penghargaan langsung dari bos Google Sergey Brin. Undangan ke Amerika pada 11-15 Juni.



"Saya tanyakan mana suratnya? Dan sampai sekarang memang tidak ada suratnya. Tapi saat itu saya yang ditunjuk ke Amerika," jelas dia, seperti diberitakan Detikcom.

Sulistyaningsih melanjutkan, Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin mempercayakan urusan ini ke Humas dan Kabid TI. Kemudian karena tidak ada surat yang datang dan tak ada kabar, Kabid TI Polda Lampung menanyakan soal ini ke google Indonesia.

"Dari google memang katanya tidak pernah ada penghargaan seperti itu," sambung dia.

Tapi kabar soal mendapat penghargaan dari google ini tersebar luas. Sulistyaningsih juga tahu ini dan memberikan penjelasan ke Mabes Polri terkait kronologi penghargaan yang disebutkan. Hingga kini tak pernah ada surat dari google ke Amerika Serikat. Sulistyaningsih juga memberitahu beberapa waktu ini sebenarnya situs tribrata milik Polda Lampung sedang diperbaiki karena akan berganti domain menjadi go.id.

Secara terpisah, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, pihaknya belum menerima pemberitahuan resmi dari Google soal ini.

Lantaran itu, Boy berpendapat kebenaran informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan. "Masih perlu klarifikasi dari pihak yang memberi penghargaan karena sumbernya belum jelas," kata Boy.

Google sendiri selama ini sering mengumpulkan dan memublikasikan daftar topik-topik yang paling banyak dicari dari berbagai kategori di segala belahan dunia, termasuk Indonesia.

Namun, raksasa internet tersebut belum pernah memberikan penghargaan terkait prestasi jumlah "search" kepada sebuah institusi atau individu.

Sementara itu Head Corporate Communication Google Indonesia, Jason Tedjasukmana yang dikonfirmasi hanya menjawab diplomatis soal kabar penghargaan untuk Polda Lampung ini.

"Masih kroscek ya," tutur Jason singkat.

Jadi, apakah "penghargaan berkelas" tersebut memang benar ada atau tidak? Entahlah. Kepolisian sudah memberikan jawabannya. Mungkin nanti Google selaku salah satu pihak yang disinggung akan memberi kepastian soal ini... atau mungkin juga tidak.
Cerita Polda Lampung Dapat Penghargaan Google Hoax? Cerita Polda Lampung Dapat Penghargaan Google Hoax? Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/04/2016 05:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.