Deddy Mizwar Bantah Fitnah PT Kahatex Soal Limbah

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pabrik di kawasan Kamasan, Banjaran, Kabupaten Bandung,
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pabrik di kawasan Kamasan, Banjaran, Kabupaten Bandung. (Tribun Jabar)
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menanggapi dingin tuduhan kuasa hukum PT Kahatex, yang menyebutnya telah memfitnah perusahaan tersebut saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pabrik di kawasan Kamasan, Banjaran, Kabupaten Bandung, Selasa (21/6/2016). Dalam sidak tersebut ditemukan banyak industri yang membuang limbah ke sungai.



Deddy menyebutkan, banyak pelaku usaha yang menggunakan air tanah dengan jumlah banyak sehingga mengancam cadangan air masyarakat. Salah satu perusahaan yang disebutnya adalah PT Kahatex.

"Fitnahnya di mana? Ini perusahaan mana? Yang saya sebutkan perusahaan yang di Cimareme (bukan Rancaekek). Saya bingung, fitnah apanya. Biarin sajalah, enggak usah dipikirin," ujar Deddy di Bandung, Selasa (28/6/2016).

Sementara itu, Kepala Badan Pengendali Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat Anang Sudarna mengatakan bahwa PT Kahatex tidak perlu tersinggung dengan pernyataan Deddy.

Anang balik bertanya dengan klaim Kahatex yang menyebut perusahaannya tidak mencemari lingkungan. "Lantas sawah yang ratusan hektar rusak, kenapa?" ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Senin (27/6/2016).

Menurut Anang, ratusan sawah di daerah Rancaekek rusak karena tercemari limbah. Air yang mengaliri persawahan di Rancaekek ada tiga perusahaan, di antaranya Kahatex.

Mengenai sumur artesis, yang dimaksud Deddy Mizwar adalah Kahatex II, bukan Kahatex Rancaekek.

"Saya dengar sendiri Pak Wagub berbicara dengan pengelola Kahatex II menanyakan ada berapa sumur artesis, dia (pengelola) jawab 21 sumur," ungkapnya.

Anang mengatakan bahwa sumur tersebut memang berizin. Namun, ia mempertanyakan berapa meter kubik air yang digunakan. Ia menyebutkan, pengelola Kahatex II yang berbicara dengan Deddy saat itu tidak bisa menjawabnya.
Deddy Mizwar Bantah Fitnah PT Kahatex Soal Limbah Deddy Mizwar Bantah Fitnah PT Kahatex Soal Limbah Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/28/2016 08:27:00 AM Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.