Dibacakan di Paripurna DPR, Ivan Haz Resmi Dipecat

Ivan Haz saat diamankan polisi
Ivan Haz saat diamankan polisi. (Foto: Detikcom)
Sidang paripurna DPR akhirnya resmi memberhentikan Fanny Safriansyah alias Ivan Haz karena kasus dugaan penganiyaan terhadap asisten rumah tangganya. Ivan resmi bukan lagi wakil rakyat.

Pemberhentian itu dibacakan dalam sidang paripurna DPR yang dipimpin Taufik Kurniawan di ruang paripurna gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Taufik membacakan surat dari MKD tentang pemberhentian anggota dewan. Taufik tak menyebutkan nama Ivan Haz sebagai anggota yang akan diberhentikan, namun sebagaimana diketahui satu-satunya anggota DPR yang diputuskan dipecat MKD adalah Ivan Haz.

"Apakah laporan keputusan MKD dapat disetujui?" tanya Taufik.

"Setuju...!!!" jawab beberapa anggota mewakili yang lainnya. Tok! Taufik Kurniawan mengetok palu. Ivan Haz anggota Fraksi PPP resmi diberhentikan dari DPR.

Keputusan MKD DPR memberhentikan Ivan Haz itu sebelumnya dibacakan pada 20 April lalu. Kasusnya adalah penganiayaan terhadap pembantu rumah tangga bernama Topiah (20). Kasus ini juga bergulir di Polda Metro Jaya.



Posisi Ivan Haz sebagai anggota DPR akan digantikan oleh calon anggota legislatif dengan perolehan suara terbanyak berikutnya di dapil Jawa Timur XI Ivan Haz pada Pileg 2014 lalu. Untuk diketahui, hampir tidak pernah ada anggota DPR diberhentikan karena kasus penganiayaan.

Ivan Haz diduga menganiaya asisten rumah tangganya, Topiah (20). Topiah melaporkan perkara itu ke Polda Metro Jaya awal Oktober 2015 yang lalu. Polisi memproses kasus itu, menetapkan Ivan sebagai tersangka, bahkan melakukan penahanan. Berkas kasus Ivan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan.

Seiring dengan proses di kepolisian, MKD DPR juga memproses pelanggaran etika Ivan Haz. Putra Hamzah Haz ini dinyatakan bersalah dan melakukan pelanggaran berat. Ivan dinyatakan dipecat dari DPR 20 April lalu.

Sanksi pemecatan itu seharusnya dibacakan di Paripurna DPR 20 April 2016, namun batal karena MKD ke Inggris.
Dibacakan di Paripurna DPR, Ivan Haz Resmi Dipecat Dibacakan di Paripurna DPR, Ivan Haz Resmi Dipecat Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/01/2016 11:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.