F-16 Indonesia Cegat Pesawat Hercules Malaysia di Natuna

Pesawat F-16 milik TNI AU
Pesawat F-16 milik TNI AU. (indomiliter.com)
Pesawat angkatan udara Malaysia (RMAF-Royal Malaysian Air Force) dicegat oleh dua jet tempur Indonesia jenis F-16 ketika melintas di atas Pulau Natuna. Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Hishamuddin Hussein, mengatakan bahwa pesawat jenis Lockheed Martin C-130 Hercules itu tengah terbang menuju ke Labuan, Sabah, dari pangkalan udara Subang, ketika dicegat.



"Ya, kami telah menerima informasi bahwa pesawat tersebut dicegat oleh 2 jet Indonesia. Namun, kami belum memiliki detail lengkap terkait hal tersebut," kata Hussein seperti dilansir media Malaysia, The Star, Minggu (26/6/2016).

"Saat ini kami tengah dalam proses meminta laporan lengkap," imbuhnya setelah mendistribusikan 1.000 bubur lambuk kepada pengunjung di bazaar Setiawangsa Ramadan hari ini. Namun dia tidak menyebut secara jelas waktu terjadinya pencegatan tersebut.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang dekat.

"Saya tidak khawatir dan hal ini normal dan terjadi di mana pun di seluruh penjuru dunia. Apabila ada insiden antara kita (Indonesia-Malaysia), kita akan menyelesaikannya secara diplomatis. Kita tidak akan menjadikan insiden ini merusak hubungan," katanya.

"Ditambah, saya sangat dekat dengan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu. Jika saya perlu mengontaknya, itu tak jadi masalah," sambungnya.

Pulau Natuna berada di Laut China Selatan, sekitar barat laut Pulau Kalimantan. Pada minggu lalu, Presiden Joko Widodo mengunjungi pulau itu dan memerintahkan pengamanan lebih di sekitar pulau terluar Indonesia itu.

Sementara itu, media Malaysia lainnya, New Straits Times, menyebut bahwa sumber mereka mendapat informasi bahwa insiden itu bukan pencegatan, melainkan bahwa jet tempur Indonesia meminta pilot RMAF untuk mengidentifikasi diri mereka karena diduga pesawat itu merambah ke wilayah Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara RI, Marsma Wieko Sofyan membenarkan hal tersebut. "Ya benar kemaren sempat terjadi pelanggaran wilayah udara oleh pesawat TUDM Malaysia," kata Wieke Sofyan, Minggu (26/6/2016).

Menurutnya, pesawat tersebut sempat diberi peringatan saat melanggar batas ruang udara Indonesia, namun tetap diabaikan. Kendati akhirnya pesawat asal negeri jiran itu pergi meninggalkan wilayah Indonesia.

"Pesawat sempat diperingati oleh Pesawat F-16 TNI Angkatan udara," ujarnya.
F-16 Indonesia Cegat Pesawat Hercules Malaysia di Natuna F-16 Indonesia Cegat Pesawat Hercules Malaysia di Natuna Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/26/2016 08:58:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.