Fadli Zon Ngotot Tak Pernah Minta KJRI Fasilitasi Putrinya di NY

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon saat berdebat
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon saat berdebat. (Liputan6.com)
Sebuah surat faksimili kepada KJRI New York berisi permintaan fasilitas penjemputan dan pendampingan untuk putri Wakil Ketua DPR Fadli Zon beredar dan menuai sorotan. Fadli Zon menegaskan tidak pernah meminta pendampingan bagi putrinya.

"Tidak ada permintaan penyediaan fasilitas negara, baik secara pribadi maupun institusi, kepada pihak KJRI New York untuk anak saya Shafa Sabila selama kegiatannya di New York," kata Fadli Zon di gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Fadli menuturkan tidak ada instruksi atau arahan darinya kepada Setjen DPR RI untuk membuat surat permohonan penyediaan fasilitas dan pendampingan terkait dengan kegiatan anaknya selama di New York.



"Saya hanya meminta kepada staf sekretariat untuk menyampaikan pemberitahuan kepada KJRI New York tentang kegiatan Shafa Sabila di New York dalam Stagedoor Manor Camp 2016 dari 12 Juni hingga 12 Juli 2016," ujarnya.

Maksud pemberitahuan kepada KJRI New York dilakukan sebagai upaya memenuhi imbauan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan lapor diri bagi WNI yang melakukan kunjungan ke luar negeri.

"Anak saya perempuan berusia 18 tahun melakukan perjalanan ke New York seorang diri. Ini adalah keempat kalinya ia ikut kegiatan tersebut sejak 2013. Sudah sepantasnya setiap warga negara Indonesia perlu melaporkan diri di kantor perwakilan pemerintah setempat atas nama keamanan dan lain-lain," ucap politisi Gerindra itu.

Baca juga: Ini Alasan Ngeles Fadli Zon Soal Surat Minta Fasilitas untuk Putrinya di NY

Fadli sekaligus membantah pernyataan Konsul Jenderal RI di New York yang menyatakan adanya permintaan pendampingan bagi anaknya selama di New York.

Kegiatan anaknya Stagedoor Manor Camp berlangsung di tempat khusus di Loch Sheldrake (2 jam dari New York City) adalah tempat terpencil di New York State dimana peserta harus tinggal dan menetap serta tak boleh didampingi sama sekali.

"Sehingga tak pernah saya meminta fasilitas pendampingan dan tak ada gunanya," terang Fadli.

"Terkait penjemputan, ini ternyata inisiatif staf saya memastikan tak ada masalah imigrasi dan menjamin keselamatan anak saya dari bandara ke tempat tinggal di rumah kawan orang Indonesia. Tak ada fasilitas lain. Saya seharusnya mengantar anak saya tahun ini, namun karena padatnya kegiatan di DPR jadi tak memungkinkan," imbuhnya.

Surat tersebut berkop Setjen DPR bernomor 27/KSAP/DPR RI/VI/ 2016 yang dikirimkan tanggal 10 Juni 2016. Dalam isinya, Sekjen DPR RI meminta bantuan KBRI Washington DC melalui KJRI New York untuk memfasilitasi kunjungan putri Fadli Zon yang bernama Shafa Sabila Fadli.

Baca juga:: Beredar Surat ke KBRI Minta Fasilitas untuk Putri Fadli Zon di New York

Perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York Benny YP Siahaan membenarkan bahwa KJRI New York telah menerima surat tersebut. Benny menyatakan, terkait hal tersebut, KJRI New York telah membalas surat tersebut pada tanggal 10 Juni yang menginformasikan bahwa KJRI New York hanya dapat membantu penjemputan di bandara dan transportasi dari bandara ke hotel di New York.

"Karena keterbatasan anggaran, KJRI New York tidak dapat memfasilitasi pendampingan karena jaraknya yang sekitar 200 km dari kota New York," kata Benny.
Fadli Zon Ngotot Tak Pernah Minta KJRI Fasilitasi Putrinya di NY Fadli Zon Ngotot Tak Pernah Minta KJRI Fasilitasi Putrinya di NY Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/27/2016 09:49:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.