Fakta Soal Kolonel Inf R Agus Listyowarno dan Uang Palsu

Kolonel Inf R Agus Listyowarno ditangkap karena edarkan uang palsu
Kolonel Inf R Agus Listyowarno ditangkap karena edarkan uang palsu. (Facebook)
Kolonel Inf R Agus Listyowarno atau A diciduk Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri karena terlibat peredaran uang palsu. Perwira menengah TNI AD tersebut sudah diserahkan penyidik Bareskrim ke Detasemen Polisi Militer Jakarta Raya Cijantung.

"Dia yang memiliki uang palsu dan menyuruh warga sipil menukarkan," jelas Dir Tipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya, Rabu (8/6/2016).

Agung menjelaskan penangkapan dilakukan di parkiran Rumah Sakit Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta Timur pada Selasa (7/6) siang. Selain A ikut ditangkap seorang warga sipil. Ternyata, A sudah dua kali bertransaksi uang palsu.

"A sudah dua kali menukarkan uang asli. Yang kedua ini kepada penyidik yang menyamar dan langsung ditangkap," terang Agung.

Uang palsu senilai Rp 300 juta pecahan Rp 100 ribu diamankan sebagai barang bukti. Bareskrim Polri masih mengembangkan kasus ini bekerja sama dengan POM TNI.



Berikut beberapa fakta mengenai Kolonel Agus.

1. Pejabat di Kemenhan

Kolonel Inf R Agus Listyowarno adalah seorang pejabat di Kementerian Pertahanan (Kemhan). Jabatan Agus adalah Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasarana Direktorat Komunikasi Penduduk Potensi Pertahanan Kemenhan RI.

2. Dua Kali Transaksi

Berdasarkan penelusuran Bareskrim, Kolonel Agus sudah bertransaksi menggunakan uang palsu sebanyak dua kali. "Dia yang memiliki uang palsu dan menyuruh warga sipil menukarkan," jelas Dir Tipid Eksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya, Rabu (8/6/2016).

3. Motif Ekonomi

"Motifnya untuk mencari keuntungan tentunya." kata Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu.

Martinus menambahkan, Agus mengaku baru kali ini mengedarkan uang palsu. Penyidik masih mengembangkan dan mendalami pengakuan Agus di kasus ini. "Yang ini (Upal) diperoleh dari mana masih dalam penyelidikan dari mana uangnya dan jaringan siapa," ujarnya.

4. Dapat Uang Palsu dari Semarang

"Dia mengaku dapat uang palsu dari Semarang," jelas Agung Setya. Berdasarkan keterangan orang Bank Indonesia yang telah diperiksa sebagai saksi, kualitas uang palsu yang diamankan itu cukup halus dan dilakukan dengan dua cara.

Cara pertama, dilakukan dengan printer untuk menghaluskan. Lalu cara kedua dilakukan dengan sablon untuk menunjukkan tanda airnya. Pelaku menggunakan nomor seri yang asli yang memang sudah keluar dan beredar di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Cara membedakan uang asli dan palsu dengan melihat tanda air, meraba dan lainnya.

5. Terancam 10 Tahun Bui

"Tersangka atas nama AL kita serahkan ke Pomdam Jaya. Tersangka MR kita proses di Bareskrim Polri dengan sangkaan pasal 36 UU tentang mata uang No. 7 tahun 2011 yang ancaman hukumannya maksimal bisa 10 tahun," kata Martinus.
Fakta Soal Kolonel Inf R Agus Listyowarno dan Uang Palsu Fakta Soal Kolonel Inf R Agus Listyowarno dan Uang Palsu Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/08/2016 06:04:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.