Ical Minta Ahok Maju Pilgub DKI 2017 Lewat Parpol

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie. (Liputan6.com)
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie mulai melunak soal dukungan Golkar terhadap calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun Ical menghendaki Ahok maju lewat jalur partai politik.



"(DPP) Golkar kan sudah memutuskan. Tapi saya berharap mudah-mudahan beliau lewat jalur partai, tidak lewat jalur non partai," papar Ical saat menghadiri buka bersama di kediaman Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Jalan Karang Asem Utara, Kuningan, Jaksel, Jum'at (24/6/2016).

Ical menambahkan, peran parpol masih dibutuhkan untuk mendukung perjalanan Ahok dalam memimpin Jakarta.

"Kan tidak boleh dukungan ada dua. Kita berharap dari partai," tegasnya.

Dengan begitu, dukungan yang sudah resmi diberikan Partai Golkar tak akan sia-sia.

"Kalau (Ahok) independen, parpol mau jadi apa?" katanya.

Aburizal menegaskan, undang-undang tak mengatur calon kepala daerah bisa maju secara independen namun sekaligus diusung parpol. Oleh karena itu, ia menyarankan Ahok tak menyia-nyiakan dukungan dari Golkar, serta Nasdem dan Hanura yang juga sudah menyatakan dukungan sebelumnya.

Dengan dukungan ketiga parpol ini, Ahok memiliki 24 kursi di DPRD, lebih dari cukup dari syarat yang hanya 20 kursi.

"Susah buat partai (kalau maju independen), kasian partainya," ucap Aburizal.

Aburizal juga menegaskan, sikapnya yang mendorong jalur partai ini bukan bentuk ketidaksetujuan atas keputusan Golkar mendukung Ahok. Aburizal mengatakan, keputusan mendukung Ahok sudah resmi dan sudah turut dikonsultasikan dengan Dewan Pembina.

"Awalnya saya memang mengkritik karena baru di bawah (di tingkat DPD) kok sudah diumumkan," tambah mantan Ketua Umum Partai Golkar ini.

Golkar siang tadi telah memberikan secara resmi surat dukungan pencalonan Ahok untuk maju kembali di Pilgub DKI 2017. Penyerahan dukungan tersebut dihadiri langsung ketua umum Setya Novanto.

"Saya hanya meminta satu, tolong Pak Ahok benahi Kota Jakarta," kata Ketua DPD Golkar DKI Fayakhun kepada Ahok sambil menyerahkan map berisi surat dukungan.
Ical Minta Ahok Maju Pilgub DKI 2017 Lewat Parpol Ical Minta Ahok Maju Pilgub DKI 2017 Lewat Parpol Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/24/2016 08:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.