Jaksa: Motif Jessica Membunuh karena Disuruh Mirna Putus Pacar

Suasana sidang perdana Jessica Kumala Wongso di PN Jakpus
Suasana sidang perdana Jessica Kumala Wongso di PN Jakpus. (Detikcom)
Jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat mendakwa Jessica dengan pasal pembunuhan berencana. Dijelaskan bahwa awal sakit hati Jessica kepada Mirna karena Mirna pernah menegur Jessica agar putus dari pacarnya.

"Sekitar pertengahan 2015, Mirna mengetahui permasalahan dalam hubungan percintaan antara terdakwa dengan pacarnya sehingga Mirna menasihati terdakwa agar putus saja dengan pacarnya yang suka kasar dan pemakai narkoba, dengan menyatakan buat apa pacaran dengan orang yang tidak baik dan tidak modal," kata jaksa Ardito Muwardi saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (15/6/2016).



"Ucapan Mirna tersebut ternyata membuat terdakwa marah dan sakit hati sehingga terdakwa memutuskan komunikasi dengan Mirna," jelasnya.

Di masa selanjutnya, Jessica kemudian putus dengan pacarnya dan mengalami beberapa peristiwa yang membuatnya harus berurusan dengan pihak Kepolisian Australia. Hal tersebut membuat Jessica semakin merasa sakit hati dengan Mirna.

"Membuat terdakwa semakin tersinggung dan sakit hati kepada Mirna, sehingga untuk membalas sakit hatinya tersebut, terdakwa merencanakan untuk menghilangkan nyawa Mirna," ujar jaksa Ardito.

Dalam rangka mewujudkan niatnya untuk membunuh Mirna, pada 5 Desember 2015, Jessica mulai menghubungi Mirna kembali melalui Whatsapp (WA) saat ia dalam perjalanan dari Australia ke Indonesia. Saat itu pesannya tak dibalas Mirna.

Begitu tiba di Indonesia, Jessica coba kembali mengontak Mirna, dan dibalas. Sejak saat itu terjadi komunikasi antara Jessica dan Mirna hingga akhirnya digelar pertemuan di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016.

Pengacara Jessica: Tak Masuk Akal

Tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso mempertanyakan dakwaan jaksa yang menyebutkan kliennya membunuh Mirna Salihin karena sakit hati akibat disuruh putus dengan pacar. Dakwaan itu dinilai tidak masuk akal.

"Katanya Jessica membunuh karena sakit hati Mirna menasihati Jessica untuk putus dengan pacarnya. Ini merupakan alasan yang tidak bisa diterima dengan akal sehat," ujar Elizabeth, salah satu kuasa hukum Jessica, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pengacara juga mempertanyakan, berdasarkan CCTV atau keterangan saksi-saksi tidak terlihat gerakan Jessica memasukkan sianida ke gelas Mirna.

"Tetapi yang menjadi pertanyaan kita, meski ada beberapa orang terkait, kenapa Jessica yang dituduh? Jika berbicara kemungkinan, orang lain bisa. Toh tidak ada yang melihat Jessica memasukkan sianida ke gelas Mirna," kata pengacara.

Jessica, lanjut pengacara, juga telah melakukan tes lie detector. Jessica lolos pada pemeriksaan tersebut.

"Kenapa tidak dilakukan tes pada saksi-saksi? Ini sangatlah janggal dan aneh. Kenapa Jessica yang dijadikan terdakwa? Apa tidak percaya dengan lie detector? untuk apa dilakukan tes lie detector tersebut?" tanyanya.
Jaksa: Motif Jessica Membunuh karena Disuruh Mirna Putus Pacar Jaksa: Motif Jessica Membunuh karena Disuruh Mirna Putus Pacar Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/14/2016 10:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.