Jelang Buka Puasa, Es Campur Jadi Trending Topic

Es campur, cocok untuk berbuka puasa
Es campur, cocok untuk berbuka puasa. (Istimewa)
Bulan puasa nampaknya mengubah pola trending topic (topik favorit) di media sosial maupun jaringan internet. Jika biasanya kabar para selebriti yang menjadi trending topic, memasuki hari pertama puasa justru hidangan buka puasa (takjil) yang menjadi topik yang paling diminati.

Dari sekian banyak hidangan buka puasa (takjil), es campur ternyata paling digemari masyarakat Indonesia. Hal itu, terbukti dari trending search (pencarian terbanyak) di google Indonesia dalam 24 jam terakhir.

Pada Senin (6/6), mesin pencari google mencatat es campur menduduki posisi puncak topik yang diunduh para netizen. Hingga Selasa (7/6), tercatat lebih dari 50.000 netizen telah mencari topik maupun gambar seputar es campur. Posisi kedua diikuti es buah yang dicari oleh lebih dari 22.000 netizen.

Banyaknya netizen yang mencari topik dan gambar seputar es campur tersebut, menggeser kabar mengenai Chelsea Islan yang sempat menjadi trending search, sehari sebelumnya. Kabar mengenai Chelsea hanya dicari oleh sekitar 20.000 netizen.

Berbicara es campur, menu ini memang favorit untuk berbuka saat berbuka puasa, selain kurma. Es campur umumnya adalah buah segar, yang dapat menjadi sumber serat dan vitamin bagi tubuh yang sedang membutuhkan banyak zat tersebut. Namun jika membeli di pinggir jalan Anda khawatir pada kebersihannya, mengapa tak membuat sendiri di rumah. Caranya mudah kok.

Berikut ini resep membuat es campur:

Bahan:

1 buah alpukat, belah dan ambil dagingnya
1 butir apel, kupas dan potong dadu
¼ buah melon, kupas lalu potong dadu
¼ buah semangka, ambil bagian merahnya dan potong dadu
Beberapa buah nangka, buang bijinya dan potong dadu
100 gram cincau hitam, potong dadu

Bahan saus sirup:
200 gram gula
3 gelas air
Pewarna merah khusus makanan
1 lembar daun pandan
Rebus seluruhnya hingga mendidih, angkat dan dinginkan

Bahan saus santan:
300 ml santan encer direbus dengan sedikit garam, aduk agar tidak pecah hingga mendidih. (bisa diganti susu kental manis)

Cara penyajian:
Potongan buah disusun dalam mangkuk atau gelas, siram dengan 1 sendok saus santan, lalu siram dengan 1 sendok saus sirup. Beri serutan es halus di atasnya.
Es campur siap dihidangkan sebagai penganan buka puasa. Selamat mencoba.
Jelang Buka Puasa, Es Campur Jadi Trending Topic Jelang Buka Puasa, Es Campur Jadi Trending Topic Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/07/2016 02:38:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.