Jika Gagal Verifikasi Jalur Independen, Ahok Tak Bisa Pindah Lewat Parpol

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno
Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno. (Kompascom)
Dukungan tiga partai, yakni Golkar, Nasdem, dan Hanura membuat cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) punya alternatif untuk maju Pilgub DKI 2017 lewat jalur parpol. Meski demikian, jalur alternatif ini tak bisa digunakan jika Ahok sudah ikut verifikasi calon perseorangan atau independen di KPU DKI.



Hal ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2015 pasal 32 dan 33.

Ketua KPU DKI Sumarno menjelaskan secara teknis tahap verifikasi calon perseorangan akan dilaksanakan pada 21 Agustus hingga 3 September. Jika dalam verifikasi ini seorang calon belum memenuhi syarat, maka akan diberi waktu perbaikan.

Untuk pendaftaran cagub-cawagub DKI, baik untuk parpol maupun untuk perseorangan, akan dibuka pada 19-21 September. Sehingga, secara jadwal, calon perseorangan memang dimungkinkan untuk pindah jalur. Namun aturan tak membolehkan.

Jika melihat klaim KTP dukungan Teman Ahok yang mencapai 1 juta KTP, Sumarno berpendapat peluang untuk lolos verifikasi terbuka lebar, karena yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai cagub hanya 532 ribu KTP dukungan.

"Jadi kita datangi satu per satu, apakah yang bersangkutan itu mendukung calon itu atau tidak. Terus kalau pada pertengahan September tanggal 19-21 september itu pendaftaran calon partai politik ataupun perseorangan mereka sama-sama mendaftar," terangnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/5).

Tahapan selanjutnya, Sumarno mengungkapkan, KPU DKI Jakarta akan melakukan berkas administrasi dari calon Gubernur DKI Jakarta, baik dari partai politik dan perseorangan. Setelah semua syarat dipenuhi, maka penyelenggara pemilu akan melakukan pengocokan untuk menentukan nomor urut.

"Setelah terpenuhi syarat-syarat baru kita tetapkan penetapan calon. Setelah penetapan calon baru pemberian nomor urut. Setelah itu akan dilakukan kampanye. Kampanye mulai 4 Oktober. Tiga bulanan sampai tiga hari sebelum pemungutan suara," tutupnya.
Jika Gagal Verifikasi Jalur Independen, Ahok Tak Bisa Pindah Lewat Parpol Jika Gagal Verifikasi Jalur Independen, Ahok Tak Bisa Pindah Lewat Parpol Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/19/2016 09:35:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.