Jokowi Pilih Calon Termuda Komjen Tito Karnavian Jadi Kapolri

Tito Ka‎rnavian saat dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)
Tito Ka‎rnavian saat dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (Foto: Beritasatu)
Mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen Tito Karnavian yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dipilih Jokowi menjadi calon tunggal Kapolri. Nama Tito juga sudah diajukan ke DPR. Tito merupakan calon Kapolri termuda dari bintang tiga yang ada sekarang.

Baca juga: Ini Profil Tujuh Calon Kapolri Pengganti Badrodin Haiti

"Surat Presiden terkait calon Kapolri yang baru sudah di meja pimpinan DPR. Dan rencananya besok akan dibawa ke Bamus dan segera dibacakan di sidang paripurna," kata Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo kepada detikcom, Rabu (15/6/2016).



Menurut Bambang, setelah dibacakan di sidang paripurna baru akan dibahas dalam rapat pleno komisi III untuk menentukan jadwal fit dan proper test.

"Kita harapkan sebelum memasuki libur hari Idul Fitri sudah bisa kita selesaikan dan bisa ditetapkan dalam pengambilan keputusan di sidang paripurna tanggal 28 Juni 2016," tegas dia.

Sebagai informasi, Akpol lulusan 1987 itu pun menjadi jenderal bintang tiga termuda. Sebelumnya, Tito juga pernah menjadi bintang dua termuda ketika menjabat Kapolda Papua. Prestasi Tito pun terbilang bagus hingga kariernya moncer.

Nama Tito mulai dikenal saat memimpin Tim Kobra yang ditugaskan menangkap Hutomo Mandala Putra alias Tommy, putra mantan Presiden Soeharto. Berdasarkan penyidikan polisi, Tommy merupakan dalang pembunuhan Ketua Muda Bidang Hukum Pidana Mahkamah Agung (MA), Syafiuddin Kartasasmita (60) pada tahun 2001.

Tito kemudian ditarik ke Jakarta untuk mengisi jabatan Kapolda Metro Jaya. Tito pun kini promosi menjadi kepala BNPT karena dianggap sukses menumpas serangan bom di Sarinah, Jakarta beberapa waktu lalu.

Baru berusia kurang lebih tiga bulan menjabat Kepala BNPT, kini Tito diajukan Presiden Jokowi sebagai Kapolri menggantikan jendral Badrodin Haiti.

Komjen Pol Tito Karnavian lahir 26 Oktober 1964 di Palembang, Sumatera Selatan. Ia mangikuti pendidikan Akabri(sekarang Akpol) tahun 1987 dan menjadi jebolan terbaik diangkatannya dengan menerima penghargaan Adhi Makayasa.
Jokowi Pilih Calon Termuda Komjen Tito Karnavian Jadi Kapolri Jokowi Pilih Calon Termuda Komjen Tito Karnavian Jadi Kapolri Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/15/2016 12:15:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.