Jumlah Uang yang Dikirim TKI via Pos Jember Capai Rp 12 M/Bulan

Suasana kantor pos di Ketapang
Suasana kantor pos di Ketapang. (Detikcom)
Pengiriman uang dari TKI di Kabupaten Jember lewat PT Pos Indonesia Ramadan 2016 ini mencapai Rp 12,1 miliar. Jumlah tersebut naik dibandingkan bulan sebelumnya sebesar Rp 10,4 miliar.

Manajer Pelayanan PT Pos Indonesia Cabang Jember Bebi Ahmed Jo Pical mengatakan, jumlah penerimaan uang dari luar negeri sebanyak 6.031 transaksi. Jumlah itu akumulasi dari 16 Mei hingga 15 Juni.

"Sedangkan untuk 16 April sampai 15 Mei kemarin tercatat ada 5.457 transaksi penerimaan uang dari luar negeri," kata Jo, Jumat (17/6/2016).

Menurut Jo, rata-rata transaksi penerimaan uang berasal dari para TKI asal Jember yang bekerja di luar negeri. Seperti Arab Saudi, Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura dan Australia. "Ada juga pengiriman dari transaksi bisnis. Tetapi mayoritas adalah pengiriman uang dari TKI," ungkap Jo.



Mengenai nominal transaksi per hari, lanjut Jo, PT Pos Indonesia menerima pengiriman uang berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 99 juta per hari. Jo menambahkan, tren kenaikan penerimaan uang dari luar negeri ini berbanding terbalik dengan penerimaan uang dari dalam negeri atau domestik.

"Untuk bulan Mei kemarin tercatat sebanyak 1.121 transaksi. Sedangkan untuk bulan Juni 2016 ini menurun menjadi 1.113transaksi. Namun untuk nominal bulan Juni masih lebih besar yakni Rp 3,5 miliar berbanding Rp 2,5 miliar pada bulan Mei," tukasnya.

Jo memprediksi tren kenaikan penerimaan uang dari luar negeri tersebut masih akan berlanjut. Puncaknya diperkirakan akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Salah seorang warga Jember yang mengirim uang di Kantor Pos Cabang Jember Anik, mengatakan, pengiriman uang kepada sanak keluarga dilakukan, apabila dia tidak bisa pulang ke kampung halaman saat Lebaran.

"Saya kirim uang untuk anak saya di Lampung. Saya masih belum bisa pulang kampung pada Lebaran tahun ini. Uang itu untuk memenuhi kebutuhan belanja keluarga saya disana jelang Lebaran nanti," tutur Anik.
Jumlah Uang yang Dikirim TKI via Pos Jember Capai Rp 12 M/Bulan Jumlah Uang yang Dikirim TKI via Pos Jember Capai Rp 12 M/Bulan Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/16/2016 09:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.