Kekalahan Albania Perpanjang Rekor Buruk Debutan di Piala Eropa

Para pemain Albania latihan sebelum menghadapi Swiss di Euro 2016
Para pemain Albania latihan sebelum menghadapi Swiss di Euro 2016. (Facebook)
Albania kalah pada laga pertama mereka di Piala Eropa 2016. Hasil ini memperpanjang rekor buruk para debutan di turnamen ini.

Menghadapi Swiss dalam lanjutan Grup A yang dihelat di Stade Felix-Bollaert, Lens, Sabtu (11/6/2016) malam WIB, Albania melakoni laga spesial karena ini adalah penampilan pertama negara tersebut di turnamen internasional.

Sayangnya, Albania dikejutkan gol cepat Fabian Schar di menit kelima. Setelah itu, Albania memang banyak didominasi oleh Swiss meski beberapa kali mampu mencuri peluang lewat serangan balik.

Derita Albania makin bertambah setelah kaptennya, Lorik Cana, mendapat dua kartu kuning di menit ke-36. Alhasil, anak asuh Gianni De Blasi itu harus bermain dengan 10 orang hingga sisa pertandingan dan tak mampu membalas satu gol Swiss itu.

Dengan kekalahan itu, Albania meneruskan catatan negatif para debutan Piala Eropa yang selalu kalah di laga perdananya dalam empat edisi terakhir. Sebelum ada Latvia (2004), Polandia dan Austria (2008). Demikian dikutip BBC.

Dua belas tahun lalu, Latvia melakoni debut mereka di turnamen internasional usai lolos ke Piala Eropa 2004 yang dihelat di Portugal. Bergabung di Grup D bersama Jerman, Republik Ceko, dan Belanda, Latvia finis posisi terbawah dengan satu poin.

Usai kalah 1-2 dari Ceko di laga perdana, Latvia berhasil menahan Jerman 0-0 sebelum kalah 0-3 dari Belanda di pertandingan terakhir.

Setelah Latvia, ada Polandia dan Austria yang memainkan debutnya di Piala Eropa 2008. Polandia kalah 0-2 dari Jerman di laga perdana dan akhirnya juga finis posisi terbawah usai bermain imbang 1-1 dengan Austria serta 0-1 dari Kroasia.

Di Grup yang sama ada juga Austria yang melakoni debutnya. Berstatus tuan rumah, Austria kalah 0-1 dari Kroasia di laga pertama lalu imbang 1-1 dengan Polandia dan kalah 0-1 dari Jerman di laga terakhir.

Pada akhirnya Austria dan Polandia finis di posisi ketiga dan keempat grup dengan mengoleksi satu poin.

Masih ada dua debutan lagi yang akan memainkan laga perdananya yakni Wales dan Irlandia Utara. Yang terdekat adalah Wales yang akan menghadapi Slovakia di laga perdana Grup B pukul 23.00 WIB ini.

Apakah Wales akan menyusul keempat debutan sebelumnya atau malah menorehkan hasil apik?
Kekalahan Albania Perpanjang Rekor Buruk Debutan di Piala Eropa Kekalahan Albania Perpanjang Rekor Buruk Debutan di Piala Eropa Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/11/2016 08:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.