Kronologi Cedera Bellaetrix Manupputty Hingga Jalani Operasi

Bellaetrix Manuputty saat tampil di All England 2014
Bellaetrix Manuputty saat tampil di All England 2014. (PBSI)
Lama tak terdengar kabarnya, pebulutangkis Bellaetrix Manuputty akhirnya menjalani operasi di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Senin (13/6/2016). Ia pun diprediksi tak bisa bertanding sampai 9 bulan ke depan.

Kemunculan Bella dengan pengumuman operasi yang dibantu pihak luar, bukan PBSI, cukup mengejutkan. Sebab, dia terlihat baik-baik saja saat mengikuti syuting sebuah program kuis di sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Lagipula, operasi itu dilakukan Bella tanpa menginformasikan kondisi terbarunya kepada PBSI.

Berikut aktivitas Bella sejak dibekap cedera pada Piala Sudirman 2015 pada bulan Mei sampai hari ini:

16 Mei 2015 : Bella mengalami cedera lutut kiri saat menghadapi Li Xuerui (China) di babak perempat final Piala Sudirman, Dongguan, China 2015



18 Mei 2015: Bella mendapatkan perawatan dari Dokter PP PBSI, Dr Michael Triangto dan Ahli Orthopedi, Dr. Nicholaas Budhi Parma untuk melakukan tindakan MRI (Magnetik Resonance Imagine) di Jakarta. Bella dinyatakan mengalami cedera ligamen otot ACL yang sobek sebagian. Bella disarankan menjalani exercise theraphy selama 2 pekan bersama-sama Annisa Saufika, Ardianti Firdasari dan Mashita Mahmudin.

Awal Juni 2015: pemulihan cedera Bella tidak mengalami kemajuan berarti. dr. Michael menyarankan Bella berkonsultasi ke psikiater untuk membantu meningkatkan percaya diri dan komitmen.

Juni 2015: Tidak ada kabar lanjutan soal Bella dan dia tidak mendapatkan rekomendasi operasi.

Juli 2015-September 2015: Posisi Bella masih berada di pelatnas dan tapi tidak latihan rutin dengan alasan melakukan terapi di tempat lain.

Oktober 2015: Bella sempat mengikuti Taiwan Open 2015. Cederanya kambuh saat menghadapi wakil tuan rumah, Shung Shuo Yung, di babak kedua.

November 2015-Maret 2016: Bella syuting di sebuah program televisi tanpa izin dari PBSI. PBSI hanya sering melihat Bella dari layar televisi.

11 Maret 2016: Bella menyampaikan keinginannya kepada PBSI untuk melakukan operasi di luar negeri dengan menggunakan biaya pribadi.

16 Maret 2016: Bella sudah tidak lagi berada di pelatnas Cipayung. Sejak itu, Bella seolah memutus komunikasinya dengan PBSI, termasuk kepada pelatihnya, Bambang Supriyanto. Bella tidak menjawab panggilan telepon ketika ditanyai kabar dan kondisinya oleh pelatih dan pihak PBSI.

12 Juni 2016: Tersebar informasi Bella operasi di RSPAD Gatot Subroto, Senin (13/6). PBSI tidak mengetahui kabar tersebut. Kemenpora pun langsung bertindak cepat dengan memberikan rekomendasi kepada Bella untuk melakukan operasi di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur tapi dalam prosesnya usulan itu tak diterima.

13 Juni 2016: Bella dinyatakan sudah melakukan operasi lutut kirinya di RSPAD Gatot Subroto pada pagi hari. Biaya ditanggung sepenuhnya oleh pengusaha Oesman Sapta Odang. Hingga saat ini, Bella masih menjalani perawatan di rumah sakit tesebut. Pukul 17.00 WIB, Kemenpora yang diwakili Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewa Broto mengunjungi Bella di RSPAD Gatot Subroto. Kurang lebih berselang tiga jam, PBSI mengirimkan rilis resmi terkait klarifikasi soal kondisi dan posisi Bella di PBSI.
Kronologi Cedera Bellaetrix Manupputty Hingga Jalani Operasi Kronologi Cedera Bellaetrix Manupputty Hingga Jalani Operasi Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/13/2016 09:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.