Kuda Cidomo Pingsan di Gili Trawangan, Turis Protes di FB

Kuda di Gili Trawangan yang pingsan di tengah jalan
Kuda di Gili Trawangan yang pingsan di tengah jalan. (Facebook/Femke Monita)
Kini di Facebook sedang heboh soal turis yang protes soal nasib kuda Cidomo di Gili Trawangan. Turis itu prihatin setelah melihat seekor kuda pingsan kelelahan.

Cidomo -sebutan untuk delman di Lombok- sudah sejak lama menjadi moda transportasi di Pulau Gili Trawangan. Namun ternyata di balik keunikan Cidomo sebagai alat transportasi yang kerap digunakan turis, terdapat kenyataan yang cukup memilukan.

Nasib kuda-kuda yang menarik Cidomo diduga kurang diperhatikan dan mereka terlalu diforsir bekerja untuk menarik penumpang.

Seorang turis asal Belanda bernama Femke Monita lah yang pertama kali mengunggah foto tentang kuda pingsan ini. Di Facebook, postingan Femke ini menyita perhatian banyak traveler lainnya.



Seperti diberitakan detikTravel, dilihat dari laman Facebook milik Femke, Jumat (10/6/2016), foto yang diunggah Femke menampilkan seekor kuda penarik Cidomo yang tergeletak di tengah jalan. Dari latar belakang fotonya, foto diambil pada siang hari saat kondisi matahari sedang terik.

Foto tersebut diambil Femke pada hari Minggu (5/6) kemarin. Dalam unggahannya, Femke juga menceritakan tentang kronologi kejadian tersebut, bagaimana sampai si kuda terjatuh, penumpang yang terluka, serta kuda yang dipaksa kerja lagi dan tidak diizinkan diberi minum.

"Kami sangat khawatir akan nasib kuda di Gili Trawangan. Kuda ini terjatuh dan keretanya serta orang-orang jatuh menimpa si kuda. Salah seorang penumpang kakinya terluka karena kejatuhan kereta. Kuda yang terluka itu lalu dibangunkan lagi dan dipaksa bekerja lagi, orang-orang tidak diizinkan memberinya air," tulis Femke di Facebook.

Femke marasa kasihan akan penderitaan kuda tersebut. Selain itu, sebagai solusi Femke juga meminta agar moda transportasi Cidomo digantikan oleh mobil bertenaga surya atau sejenis mobil listrik lainnya. Femke juga meminta perhatian Menpar Arief Yahya akan masalah ini.

"Sudah saatnya pemilik-pemilik hotel beraksi dan menghentikan kekejaman ini. Gantikan kuda-kuda ini dengan mobil listrik atau mobil bertenaga surya dan lepaskan kuda itu ke cagar alam," tutup Femke.

Seorang traveler di Twitter dengan akun @miradeamel menulis "kasian banget kudanya". Sedangkan traveler dengan akun @alexlliness menyalahkan orang yang ada di sana. Ia menulis "Dasar manusia!".

Banyak traveler yang merasa hal ini begitu jahat dan tidak berperikemanusiaan. Seperti contoh, @ShintaDee menulis "Miris!!!" dan @___tha menulis "Jahat banget sihh".

Seorang traveler bernama Alex dengan akun Twitter @zulfikaralex mengatakan kalau hal ini telah beberapa kali terjadi di Gili Trawangan. Ia menulis, "Sadly. it happens several times in Gili T and no real steps to resolve it."

Sedangkan Disbudpar NTB mengaku belum mengetahui tentang postingan yang ramai di Facebook. Mereka sendiri akan menindaklanjuti mengenai hal ini.
Kuda Cidomo Pingsan di Gili Trawangan, Turis Protes di FB Kuda Cidomo Pingsan di Gili Trawangan, Turis Protes di FB Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/10/2016 05:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.