Menag: Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H Mulai Senin 6 Juni 2016

Pengumuman hasil sidang isbat menentukan 1 Ramadan 1437 H
Pengumuman hasil sidang isbat menentukan 1 Ramadan 1437 H. (Foto: Twitter @Kemenag_RI)
Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada Senin (6/6/2016). Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Minggu (5/6/2016).

"Secara mufakat disepakati puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriah mulai besok, bertepatan 6 Juni 2016," kata Menteri Lukman, saat memberikan keterangan pers. Hadir dalam jumpa pers Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat KH Ma'ruf Amin, dan Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman.

Menurut Lukman, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal.

Dengan demikian, umat Islam di Indonesia akan memulai ibadah puasa mulai besok. Selain itu, berdasarkan penetapan ini, maka umat Islam di Indonesia mulai melakukan salat tarawih pada malam ini, Minggu (5/6/2016).



Kementerian Agama punya pertimbangan sendiri, salah satunya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Lukman menjelaskan, dari masukan sejumlah ormas dan tokoh ulama, yang terpenting dalam pembahasan sidang isbat adalah hasilnya, bukan pembahasannya. Bila proses sidang yang kerap diwarnai perbedaan itu ditampilkan ke publik, dikhawatirkan ada penafsiran yang salah.

"Dalam sidang banyak hal yang bersifat teknis kalau diikuti masyarakat awam bisa menimbulkan kesalahpahaman," kata Lukman.

Lukman menegaskan, bila sidang isbat digelar terbuka, apalagi sampai disiarkan oleh televisi dan media, maka lebih banyak efek negatifnya. Pemerintah tidak menutup akses informasi, namun karena sidang bersifat teknis, maka khawatir bisa menimbulkan salah persepsi.

Sidang isbat dihadiri oleh para undangan yang berasal dari organisasi masyarakat Islam, dan para Duta Besar negara-negara Islam. Semua pihak berharap Hari Raya Idul Fitri juga tidak ada perbedaan.

"Kita bersyukur tahun ini insya Allah puasanya bareng dan dan Insya Allah lebarannya juga bareng," kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat Ma'ruf Amin.

"Ini satu nikmat tersendiri karena itu kita tidak disibukkan hiruk pikuk perbedaan-perbedan itu," imbuhnya.

Ma'ruf menuturkan, melalui bulan penuh berkah ini bisa saling memperbaiki diri. Serta bisa saling menjaga ukhuwah antar umat beragama agar semakin erat.

"Kita jadikan Ramadan sebagai momentum untuk memperbaiki segalanya," ujarnya.
Menag: Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H Mulai Senin 6 Juni 2016 Menag: Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H Mulai Senin 6 Juni 2016 Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/05/2016 05:54:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.