Mengenal Ifa Sudewi, Ketua Majelis Hakim Kasus Cabul Saipul Jamil

Ifa Sudewi, ketua majelis hakim kasus Saipul Jamil
Ifa Sudewi, ketua majelis hakim kasus Saipul Jamil. (PN Jakut)
Sosok Ifa Sudewi kini disorot. Wanita yang baru dilantik menjadi Ketua PN Sidoarjo ini telah menjatuhkan vonis 3 tahun penjara kepada Saipul Jamil, di bawah tuntutan jaksa yaitu 7 tahun penjara dalam kasus pencabulan. Sehari setelah putusan, KPK menggerebek kakak dan pengacara Saipul Jamil saat menyuap Rohadi dalam operasi tangkap tangan (OTT), panitera pengganti PN Jakut terkait vonis yang diketok sehari sebelumnya.



Pengamat hukum menyebut ada indikasi dugaan tindakan rasuah dalam vonis ringan terhadap pidana pencabulan yang dilakukan oleh Saipul Jamil. Untuk itu, KPK diminta melakukan penyelidikan kepada Ifa.

Ifa sendiri membantah terkait kasus suap ini. Saat menjatuhkan vonis, ia adalah Wakil Ketua PN Semarang sejak 2013. Majelis hakim yang diketuainya adalah Pragsono, Kartini Marpaung, Heru Kisbandono dan Asmadinata.

Ifa yang disebut pindah Agama dari Islam ke Hindu ini sendiri disebut bukanlah sosok yang 'bersih'. Ia pernah dilaporkan ke KY berkali-kali dan dijatuhi sanksi.

"Untuk ketua majelis (IS) pernah dilaporkan ke KY sebanyak 7 laporan. Laporan bukan atas nama pribadi, melainkan sebagai bagian dari majelis hakim yang menangani nomor register perkara tertentu," ujar juru bicara KY, Farid Wajdi, Jumat (17/6/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Nama Ifa pertama kali dikenal publik saat mengadili kasus bom Bali terhadap terdakwa Imam Samudera pada 2002. Ibu dua anak ini juga menjadi ketua majelis hakim saat persidangan Kartini Marpaung, hakim Pengadilan Tipikor Semarang yang menjadi tersangka kasus suap. Penunjukkan Ifa menjadi hakim sempat dikritik karena Kartini dan Ifa sebelumnya merupakan rekan kerja saat menjadi hakim Tipikor Semarang. Saat kasus suap itu terjadi, Ifa menjabat sebagai Wakil Ketua PN Semarang.

Berikut jejak rekam Ifa Sudewi

PENDIDIKAN

S1 : Universitas Sebelas Maret Surakarta
S2 : Universitas Gajahmada Yogyakarta
S3 : Universitas Padjajaran Bandung

PROFIL

Th 1986-1991: Calon Hakim PN Magelang
Th 1991-1998: Hakim PN Magetan
Th 1998-2004: Hakim PN Denpasar
Th 2004-2006: Hakim Surabaya
Th 2006-2008: Hakim PN Jakarta Pusat
Th 2008-2011: Wakil Ketua PN Purwakarta
Maret-Agustus 2011: Ketua PN Purwakarta
Th 2011-November 2013: Wakil Ketua PN Semarang
November 2013-sekarang: Wakil Ketua PN Jakarta Utara

SPESIALISASI

Hakim Umum
Hakim Tipikor
Hakim Niaga
Hakim Hubungan Industrial
Mengenal Ifa Sudewi, Ketua Majelis Hakim Kasus Cabul Saipul Jamil Mengenal Ifa Sudewi, Ketua Majelis Hakim Kasus Cabul Saipul Jamil Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/17/2016 05:56:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.