Menteri Jonan: Semua Terminal Tipe A Akan Dikelola Pemerintah Pusat

Terminal Purabaya, Surabaya akan dikelola pemerintah pusat
Terminal Purabaya, Surabaya akan dikelola pemerintah pusat. (Istimewa)
Upaya Pemerintah Kota Surabaya mempertahankan pengelolaan dua terminal tipe A, Terminal Purabaya dan Terminal Tambak Oso Wilangun tidak akan terwujud. Sebab Kementerian Perhubungan segera mengambil alih pengelolaan seluruh terminal tipe A di seluruh daerah.

"Ya, kami akan ambil kewenangan terminal tipe A karena itu merupakan perintah Undang-Undang. Tidak hanya Bungurasih saja tapi semua terminal tipe A di provinsi lain akan diambil pemerintah pusat," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di sela-sela inspeksi mendadak di Stasiun Gubeng, Sabtu (25/6/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Jonan memastikan tidak akan ada 'negosiasi' dengna Pemkot Surabaya terkait pengelolaan terminal A.

"Bungurasih (Terminal Purabaya) silakan saja Pemkot Surabaya mengelolanya. Namun bila pemda bisa mengubahnya seperti stasiun Gubeng ini. Bila tidak bisa maka kami yang akan mengelolanya," ujarnya.

Selain itu Jonan mengatakan, seluruh pegawai di Terminal tipe A, statusnya juga akan berganti sebagai pegawai kementerian.

"Ya pasti ikut (pegawai terminal). Itu kalau mau. Kalau tidak mau ya saya akan cari pegawai lain," ujarnya.

Pemkot Surabaya memiliki dua terminal tipe A yaitu Terminal Purabaya Bungurasih dan terminal Tambak Oso Wilangun.

Awal tahun 2017 nanti, kedua terminal tersebut akan diambil oleh pemerintah pusat melalui kementerian Perhubungan. Pengalihan kewenangan terminal tipe A ke pemerintah pusat tersebut berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014.
Menteri Jonan: Semua Terminal Tipe A Akan Dikelola Pemerintah Pusat Menteri Jonan: Semua Terminal Tipe A Akan Dikelola Pemerintah Pusat Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/25/2016 11:15:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.