Punya 3 Kg Ganja, Mahasiswa ITM Medan Ditangkap di Kampus

Maruntung Manalu diamankan di Polsek Medan Kota beserta barang bukti ganja
Maruntung Manalu diamankan di Polsek Medan Kota beserta barang bukti ganja. (Foto: Detikcom)
Maruntung Manalu alias Untung (20), seorang semester IV Jurusan Geologi Institut Teknologi Medan (ITM) ditangkap polisi di kampusnya yang terletak di Jalan Gedung Arca Medan pada Minggu (19/6/2016) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB.

Dari tangannya, petugas menyita 3 Kg ganja kering asal Aceh dan 62 amplop berisi ganja kering.



"Pelaku berinisial MM alias U (20). Mahasiswa semester 4 Fakultas Geologi," kata Kanit Reskrim Polsek Medan Kota AKP Martualesi Sitepu, Minggu, seperti diberitakan Detikcom.

Sebelumnya, polisi mendapatkan informasi bahwa di kampus yang mahasiswanya di dominasi laki-laki tersebut kerap terjadi transaksi narkoba jenis ganja.

"Mendapatkan informasi tersebut, kita melakukan penyelidikan dan penggerebekan. Kita tangkap pelaku dan dari dia kita menemukan ganja kering siap edar dari lokasi kampus. Ganja itu disimpannya di dalam tasnya," sambungnya.

Saat hendak dibawa ke mobil polisi, pelaku mencoba memprovokasi dan berteriak minta tolong, sehingga teman-teman pelaku berdatangan dan mencoba merampas tas tersebut.

"Namun, karena sebagian mahasiswa membantu (polisi), sehingga pelaku dan barang bukti tersebut dapat kita bawa ke Polsekta Medan Kota," tutur Martualesi.

Saat ini, pelaku yang telah ditahan itu masih dalam pemeriksaan lanjutan polisi. Petugas juga tengah mengembangkan kasus ini untuk mengungkap jaringan lainnya.

Untung mengatakan, ganja miliknya berasal dari wilayah Aceh Selatan. Ia mendapatnya dari seorang bandar yang biasa dipanggilnya Bung.

Mahasiswa tersebut mengenal Bung setahun lalu dan sudah pernah sekali menjalankan bisnis narkoba.

"Selama ini aku gak punya modal, makanya jualin punya orang aja. Kemarin dapat modal, langsung ke Aceh aku naik bus membelinya. Harganya Rp 900.000 sekilonya," kata Untung.

Rencananya ganja-ganja itu akan diedarkan dan dijual eceran kepada mahasiswa dan masyarakat di sekitar kampus ITM.

“Rencananya mau kujual di kampus, ke umum juga tapi dari dalam kampus. Kalau di kampus bukan cuma aku yang jual, ada beberapa orang lagi. Sudah tau sama taulah kita,” ucapnya.

Menurut pengakuan Untung, ganja yang baru seminggu bersamanya itu, belum ada yang terjual.

"Belum ada yang laku, baru kucacah itu,” kata Untung tertunduk.
Punya 3 Kg Ganja, Mahasiswa ITM Medan Ditangkap di Kampus Punya 3 Kg Ganja, Mahasiswa ITM Medan Ditangkap di Kampus Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/18/2016 10:51:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.