Teman Ahok Mau Ahok Diusung Parpol Asalkan Ada Surat Komitmen Partai

Ahok dan Heru Budi Hartono di Markas Teman Ahok
Ahok dan Heru Budi Hartono di Markas Teman Ahok. (Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama langsung mengadakan rapat dengan relawan pemdukungnya "Teman Ahok" setelah perayaan pengumpulan 1 juta KTP di Markas Teman Ahok, Graha Pejaten, Jakarta Selatan, Minggu (19/6/2016) malam.

Rapat tersebut membicarakan beberapa hal, salah satunya mengenai jalur yang akan ditempuh Basuki dalam Pilkada DKI 2017 nanti. Ahok mengatakan, dia dan Teman Ahok bersepakat untuk membuka peluang lewat jalur independen ataupun partai.



"Kami keputusannya sama Teman Ahok, kami siap, mau independen kami sangat siap, mau partai pun Teman Ahok juga siap," ujar Ahok usai pertemuan tersebut, seperti diberitakan Kompas.com.

Ahok menuturkan, Teman Ahok kini mempersilakan partai untuk mengusung Ahok. Asalkan, partai membuat semacam surat pernyataan sebagai jaminan bahwa Ahok benar-benar akan diusung.

Teman Ahok tidak mau partai batal mengusung Ahok di tengah jalan, sementara mereka sudah tidak bisa lagi "menolong" Ahok melalui jalur perseorangan. Partai yang sudah mendeklarasikan dukungan terhadap Ahok ada tiga yaitu Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Baca juga: Jika Gagal Verifikasi Jalur Independen, Ahok Tak Bisa Pindah Lewat Parpol

Ahok mengatakan ketiga partai tersebut sudah memberi kebebasan kepada Ahok untuk menempuh jalur mana saja.

"Yang pasti 3 partai ini sudah katakan saya independen akan didukung, saya percaya diusung pun akan disiapkan. Tinggal Teman Ahok bilang kalau kamu mau usung, mana dong surat resminya," ujar Ahok.

Kesepakatan ini, kata Ahok, sudah dipertimbangkan untung ruginya. Teman Ahok pun sudah menerima keputusan ini. Nantinya akan maju lewat jalur independen atau partai, Ahok pun ingin menunggu situasi saja.

"Ya saya sendiri tergantung teman-teman. Tadi kita sudah berembuk, kita sampaikan lebih kurangnya apa," ujar Ahok.

Teman Ahok sudah berhasil mengumpulkan 1 juta data KTP hari ini. Keberhasilan itu mereka rayakan dengan acara berbuka puasa bersama di depan Markas Teman Ahok. Ahok juga hadir dalam perayaan keberhasilan sore itu.

Teman Ahok Akan Tetap Mendukung Meski Ahok Maju Melalui Jalur Parpol

Salah seorang pendiri "Teman Ahok", Singgih Widyastomo menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan partai politik dalam mendukung Ahok. "Teman Ahok siap bekerjasama dengan seluruh pihak dengan satu syarat, yaitu memiliki Tujuan -yang sama. Dengan relawan-relawan lain, dengan partai-partai politik, selama semuanya mendukung Ahok tanpa syarat dan utang politik," ujar Singgih.

Singgih menambahkan, "Teman Ahok" bukan merupakan gerakan antipartai politik. Menurut Singgih, komunitas ini justru memperlihatkan aspirasi masyarakat terhadap partai politik.

"Teman Ahok bukan relawan antipartai politik. Gerakan seperti Teman Ahok justru untuk memperlihatkan aspirasi warga kepada parpol, dan kami bersyukur hari ini sudah ada beberapa Parpol yang menjawab aspirasi tersebut," ucapnya.

Teman Ahok mengaku tetap akan memberikan dukungan meski seandainya nanti Basuki memutuskan maju melalui jalur partai politik dalam Pilkada DKI 2017. Mereka menyatakan Teman Ahok bukan merupakan gerakan politik.

"Teman Ahok tidak akan pernah meninggalkan Ahok, untuk alasan apapun. Tidak ada Teman Ahok, tanpa Ahok. Teman Ahok bergerak atas nama gerakan sosial, bukan gerakan politik" ujar juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas.

Amalia menyatakan "Teman Ahok" berjuang atas dasar kepercayaan terhadap Basuki atau Ahok untuk memimpin kembali DKI Jakarta pada periode 2017-2022. Ia menuturkan bahwa Teman Ahok adalah gerakan sosial dan bukan untuk mencari kepentingan.

Selain itu, mereka juga menegaskan bahwa kelompok relawan itu disatukan dengan tujuan mendukung Ahok pada Pilkada DKI 2017 nanti.

"Ahok adalah sosok yang mempersatukan kami dalam satu tujuan, dan tujuan itu tidak pernah berubah sampai sekarang," ucapnya.
Teman Ahok Mau Ahok Diusung Parpol Asalkan Ada Surat Komitmen Partai Teman Ahok Mau Ahok Diusung Parpol Asalkan Ada Surat Komitmen Partai Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/19/2016 10:13:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.