Tersangka Kasus Vaksin Palsu Jadi 13 Orang, Ini Peran Mereka

Bahan pembuat vaksin palsu
Bahan pembuat vaksin palsu. (Liputan6.com)
Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri terus menelusuri kasus vaksin palsu. Jumlah tersangka dalam kasus itu yang sebelumnya berjumlah 10 orang kini telah bertambah.

"Sudah ada 13 tersangka," kata Direktur Tipideksus Brigjen Agung Setya, Minggu (26/6/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Agung menjelaskan, 13 tersangka itu ditangkap di sejumlah lokasi berbeda. Total ada 8 lokasi penangkapan.

"Ada 8 TKP kita nangkap mereka. Kalau tempat pembuatannya ada di 4 tempat (TKP)," ujar Agung.

Tidak berhenti sampai di situ, Bareskrim juga menyelidiki kasus peredaran vaksin palsu itu di lima provinsi.



"Ada lima tim ke lima provinsi," kata Agung, Senin (27/6/2016).

Agung enggan mengungkap provinsi mana saja yang diselidiki. Dia hanya mengatakan kelima provinsi itu tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

"Jangan sebut dulu wilayahnya, nanti pada lari orangnya," ujarnya.

Namun dari wilayah-wilayah itu, lanjut Agung, ada yang difokuskan untuk mengejar jaringan distribusi vaksin palsu tersebut.

"Ada kita fokuskan yang distribusi, sedang kita kejar," ucapnya.

Karena itu, Agung mengatakan belum bisa berbicara banyak. "Mereka semua sedang bekerja, nanti saja kalau sudah pulang," tutupnya. Para pelaku ini sudah lama mereka memproduksi vaksin palsu dan mengedarkannya ke rumah sakit serta klinik kesehatan di Jakarta dan sekitarnya.

"Praktik pembuatan vaksin palsu ini akan membuat generasi kita rentan dengan virus yang menyerang anak balita yang impaknya ketika dewasa," kata Agung pada Rabu (22/6/2016).

Para tersangka telah ditahan di Rutan Bareskrim. Mereka dijerat pasal 196 jo pasal 98 dan atau pasal 197 jo pasal 106 dan atau pasal 198 jo pasal 108 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dan pasal 62 jo pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Terbaru, mereka juga terancam UU Tindak Pidana Pencucian Uang.
Tersangka Kasus Vaksin Palsu Jadi 13 Orang, Ini Peran Mereka Tersangka Kasus Vaksin Palsu Jadi 13 Orang, Ini Peran Mereka Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/26/2016 08:24:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.