Usai Divonis 3 Tahun Penjara, Saipul Jamil Tebar Senyuman

Saipul Jamil senyum saat sidang kasus pencabulan
Saipul Jamil senyum saat sidang kasus pencabulan. (DetikHot)
Pedangdut Saipul Jamil divonis bersalah oleh majelis hakim dalam persidangan kasus pelecehan terhadap remaja pria. Ia pun dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Vonis tersebut dijatuhkan majelis Hakim Ketua Ifa Sudewi berdasarkan ketentuan Pasal 292 KUHP. Vonis itu jauh lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan JPU yang menuntut tujuh tahun penjara.

"Menyatakan kesatu, terdakwa Saipul Jamil bersalah melakukan perbuatan cabul terhadap anak yang belum dewasa dengan jenis kelamin yang sama. Kedua, menjatuhkan pidana dengan pidana penjara tiga tahun. Masa tahanan selama ini akan dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan. Terdakwa akan tetap ditahan," ucap Ifa Sudewi, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (14/6/2016).



Setelah vonis itu, Jaksa masih pikir-pikir untuk mengajukan banding. Begitu juga dengan pihak Ipul.

"Baik berarti dari Jaksa masih pikir-pikir untuk vonis ini. Begitu pun juga dengan pihak terdakwa (Ipul) ya. Berarti vonis ini belum berkekuatan hukum tetap," jelas Ifa.

Usai sidang pembacaan putusan, Saipul, yang mengenakan rompi tahanan, langsung beranjak dari tempat duduknya di ruang sidang utama dan menghampiri tim kuasa hukumnya.

Sesudah berunding beberapa waktu, Saipul berjalan meninggalkan ruang sidang utama. Tak tampak kesedihan pada wajahnya, yang ada justru senyum yang merekah ketika para wartawan meminta tanggapannya atas vonis tersebut.

Tidak juga ada kata-kata yang keluar dari bibirnya. Senyum Saipul terus tersungging hingga ia memasuki sel tahanan PN Jakarta Utara.

Vonis terhadap Saipul lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum berupa hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp 100 juta. Majelis Hakim PN Jakarta Utara menilai Saipul telah melanggar pasal 292 KUHP tentang perbuatan pencabulan terhadap sesama jenis.

Sementara itu, dakwaan awal terhadap Saipul, yakni pasal 82 Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dikesampingkan.

Ipul dituding telah melakukan pelecehan saat remaja pria yang juga bekerja sebagai asistennya menginap di rumahnya di kawasan Kelapa Gading. Kejadian tersebut terjadi pada 18 Februari lalu yang ditangani Polsek Kelapa Gading.
Usai Divonis 3 Tahun Penjara, Saipul Jamil Tebar Senyuman Usai Divonis 3 Tahun Penjara, Saipul Jamil Tebar Senyuman Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/14/2016 04:10:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.