Usai Kalah di Final Copa America, Lionel Messi Pensiun dari Timnas

Lionel Messi memutuskan pensiun dari Timnas Argentina
Lionel Messi memutuskan pensiun dari Timnas Argentina. (Istimewa)
Lionel Messi memutuskan pensiun dari timnas Argentina setelah kalah di final Copa America Centenario 2016. Keputusan pensiun Messi mengejutkan karena dia saat ini baru berusia 29 tahun.



"Buat saya, tim nasional selesai. Saya sudah mencoba yang saya bisa, menyakitkan tidak menjadi juara bersama Argentina. Saya tidak bisa meraihnya," ucap Messi usai pertandingan dikutip dari AS.

"Di ruang ganti pemain saya berpikir kalau tim nasional sudah berakhir, itu bukan buat saya," demikian dinyatakan Messi seperti di-Tweet oleh akun resmi Timnas Argentina, sebagaimana diberitakan Reuters dan Detikcom.


Argentina kalah 2-4 oleh Chile di final Copa America Centenario, Senin (27/6/2016) pagi tadi. Messi tampil antiklimaks dalam laga tersebut. Dia menjadi salah satu penendang penalti yang gagal, dan dapat kartu kuning karena dianggap melakukan diving di babak pertama.

Saat dikonfirmasi apakah keputusannya sudah final, dia menjawab: "Ya, saya pikir iya".

Messi memperkuat Timnas Senior Argentina sejak 2005. Dalam kurun tersebut dia sudah tampil 112 kali dalam seragam Albiceleste. Kontribusinya jelas tak buruk karena dia sudah melesakkan 55 gol. Dengan jumlah tersebut dia kini menjadi pemain tersubur sepanjang sejarah Timnas Argentina.

Tapi, Messi belum memberikan satupun trofi mayor untuk negaranya. Dia cuma bisa mengantar Argentina sampai final Piala Dunia 2014, final Copa America 2015, dan final Copa America Centenario. Semuanya gagal dituntaskan menjadi juara.

Di 2005 Messi mengantar Argentina merengkuh trofi Piala Dunia Junior (U20), sementara di 2008 dia memberi negaranya medali emas Olimpiade di Beijing.

Meski disanjung setinggi lagit di klubnya, Barcelona, Messi justru dapat tekanan hebat di negaranya sendiri. Dia berulang kali dapat kritik karena tak kunjung memberi Argentina trofi, dan kerap dituding tampil tak semaksimal seperti di level klub.

Kiper Argentina, Sergio Romero, meyakini Lionel Messi hanya sedang emosi saat mengumumkan keputusan untuk pensiun dari timnas. "Saya pikir Leo bicara itu karena terbawa emosi, karena kami melewatkan kesempatan bagus," ujar Romero seperti dikutip akun Twitter timnas Argentina.

"Kami akan mencoba untuk membangkitkannya kembali dan bersatu untuk menghadapi apa yang akan datang. Saya tidak bisa membayangkan timnas Argentina tanpa Messi," katanya menambahkan.

Kini, ada beberapa pemain lain yang disebut bakal pensiun dari timnas Argentina. Kabar ini diungkapkan oleh striker 'Tim Tango', Sergio Aguero.

"Ada beberapa pemain yang berniat untuk pensiun dari tim nasional," ujar Aguero seperti dilansir Soccerway.

"Situasi di ruang ganti saat ini adalah yang paling redup yang pernah saya lihat. Bahkan lebih buruk darifinal Piala Dunia dan final Copa America (2015)," lanjut Aguero.

Aguero sendiri disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang juga bakal pensiun dari tim nasional. Pemain lainnya yang juga dikabarkan berniat gantung sepatu dari kancah internasional adalah Javier Mascherano
Usai Kalah di Final Copa America, Lionel Messi Pensiun dari Timnas Usai Kalah di Final Copa America, Lionel Messi Pensiun dari Timnas Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/27/2016 03:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.