Usai Kasus Cabul, Saipul Jamil Akan Jadi Tersangka Kasus Suap

Saipul Jamil sibuk berselfie ria di PN Jakut
Saipul Jamil sibuk berselfie ria di PN Jakut. (Foto: Detikcom)
KPK menyebut bahwa sumber uang dalam kasus dugaan suap terhadap panitera pengganti (PP) Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) Rohadi adalah dari kantong Saipul Jamil. Namun status Saipul Jamil masih belum dijelaskan secara gamblang oleh KPK.



Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menyebut bahwa penetapan tersangka untuk Saipul Jamil masih menunggu waktu. Penyidik KPK masih harus melakukan pemeriksaan terlebih dulu terhadap Saipul Jamil.

"Nanti penetapan tersangkanya. Nanti penyidik akan melakukan pemeriksaan dulu kepada yang bersangkutan, akan koordinasi untuk menghadirkan yang bersangkutan," kata Basaria di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2016).

KPK menetapkan Bertha Natalia Ruruk Kariman dan Kasman Sangaji sebagai tersangka kasus suap panitera pengadilan Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) Rohadi. Keduanya merupakan kuasa hukum Saipul Jamil yang terjerat kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur.

Selain itu, KPK juga menjerat Samsul Hidayatullah, kakak Saipul Jamil, sebagai pemberi suap. KPK menduga komitmen suap atau commitment fee terkait kasus itu sebesar Rp 500 juta.

"Dalam lidik yang dilakukan anggota, (pemberi suap) menjanjikan sesuatu, mereka menjanjikan Rp 500 juta," kata Basaria.

Namun saat melakukan operasi tangkap tangan, KPK hanya menemukan uang Rp 250 juta dari tangan Rohadi. Uang itu diduga merupakan suap untuk pengurangan masa hukuman dalam vonis yang dijatuhkan pada Saipul Jamil.

Uang itu disebut Basaria berasal dari kantong Saipul Jamil. Bahkan Basaria menyebut bahwa Saipul Jamil sampai menjual rumah agar hukuman penjara terhadapnya berkurang.

Basaria menegaskan bahwa kasus tersebut tidak akan hanya berhenti di panitera saja.

"Kemungkinan pengembangan penyidikan masih sangat mungkin. Saat ini penyidik kami juga melakukan pemeriksaan," katanya.

"Negosiasi jaksa dan hakim masih dalam pengembangan, tapi dalam prediksi penyidik apakah berhenti sampai panitera dan ada terusan ke atas? Sampai saat ini belum bisa membuktikan itu juga, tapi masih didalami proses pengembangan penyidikan," kata Basaria.

Basaria menyebut bahwa KPK akan melakukan sejumlah pemanggilan terhadap semua pihak yang diduga berkaitan dengan kasus tersebut. Selain itu, penggeledahan di sejumlah lokasi pun akan dilakukan.

Saipul Jamil saat ini masih berstatus sebagai terpidana kasus pencabulan anak di bawah umur. Ia dihukum 3 tahun penjara. Nantinya KPK akan berkoordinasi dengan jaksa yang menangani perkara tersebut untuk memeriksa Saipul Jamil.

Sebelumnya pada Rabu, 15 Juni 2016, KPK melancarkan operasi tangkap tangan di 4 lokasi berbeda. Dalam operasi tangkap tangan itu, KPK mengamankan BN (Bertha Natalia Ruruk Kariman), K (Kasman Sangaji), SH (Samsul Hidayatullah), dan R (Rohadi), serta DS (Dolly Siregar) dan 2 orang sopir. BN dan K adalah pengacara Saipul Jamil, sedangkan SH adalah kakak dari Saipul Jamil. KPK menduga suap diberikan untuk memengaruhi majelis hakim terhadap putusan kasus pencabulan Saipul Jamil.
Usai Kasus Cabul, Saipul Jamil Akan Jadi Tersangka Kasus Suap Usai Kasus Cabul, Saipul Jamil Akan Jadi Tersangka Kasus Suap Reviewed by Amborsius Ambarita on 6/16/2016 05:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.