3 ABK WNI yang Diculik di Malaysia Dibawa ke Perairan Filipina

Ilustrasi perompak asal Filipina
Ilustrasi perompak asal Filipina. (Sindonews)
Tiga WNI yang merupakan anak buah kapal (ABK) diculik 5 pria bersenjata di perairan Lahad Datu, Sabah, Malaysia. Mereka dibawa oleh penyandera ke perairan Filipina.

"Ketiga pekerja yang diculik tersebut dibawa pergi ke arah perairan Filipina. Mereka dikatakan baru 3-4 bulan bekerja dengan pemilik kapal," ujar Kepala BIN Sutiyoso seperti diberitakan detikcom, Minggu (10/7/2016).



Sutiyoso mengatakan nomor kapal Malaysia itu LD/114/5S. Pemilik kapal melaporkan kepada pihak keamanan Malaysia pada Sabtu (9/7) malam pukul 24.00 waktu setempat bahwa kapalnya didatangi 5 pria bersenjata di perairan kawasan Felda Sahabat, Tungku, Lahad Datu, saat sedang menangkap ikan.

"Kapal ikan itu dicegat oleh boat panjang," kata Sutiyoso.

Ketiga WNI yang diculik adalah :

1. Lorens Koten- kapten Kapal.
2. Emanuel
3. Teodorus Kopong

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arrmanatha Nasir mengatakan pihak Kemlu sedang melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada Malaysia.

Pihak Malaysia menduga pelaku penculikan berasal kelompok Apo Mike dari Abu Sayyaf. Namun hal itu belum dikonfirmasi olkeh pihak BIN. Dalam aksinya, kelompok penyandera masuk ke wilayah Malaysia lewat perairan Tungku, Lahad Datu, Sabah, Malaysia. Perairan itu dikenal tinggi keamanannya.
3 ABK WNI yang Diculik di Malaysia Dibawa ke Perairan Filipina 3 ABK WNI yang Diculik di Malaysia Dibawa ke Perairan Filipina Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/10/2016 08:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.