Ahok: Risma Pernah Ngomong Wali Kota Solo Saja Jadi Presiden, Masa Surabaya Tidak?

Tri Rismaharini dilantik menjadi Wali Kota Surabaya
Tri Rismaharini dilantik menjadi Wali Kota Surabaya. (Foto: Liputan6.com)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini digadang-gadang menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Kandidat cagub petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bahkan optimis tokoh sekaliber Risma mampu memimpin Jakarta, bahkan Indonesia.



"Apalagi seingat saya Bu Risma pernah ngomong, coba nanti dicek ya, kan Surabaya lebih besar dari pada Solo. Wali Kota Solo bisa jadi Presiden (Jokowi), masa Wali Kota Surabaya enggak bisa?" kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Sebagaimana diketahui, Jokowi dulu adalah Wali Kota Solo yang menjadi Gubernur DKI Jakarta, kemudian dia menjadi Presiden RI. Ahok tak masalah jika Risma maju karena warga Jakarta yang akan diuntungkan.

"Enggak apa-apa. Saya selalu sampaikan, memang Jakarta harus menjadi titik semua kepala daerah yang dianggap berhasil untuk ke sini," kata Ahok.

Bagi Ahok, semakin banyak sosok berkualitas yang maju di Pilgub DKI Jakarta 2017, maka peluang warga Jakarta untuk mendapatkan gubernur terbaik semakin terbuka lebar. Fenomena politik 'yang terbaik dari daerah lain yang maju ke Jakarta' seperti itu juga sudah ada dari dulu.

"Dulu kita sudah uji coba kan, Gubernur Sumatera Selatan datang, kira-kira begitu kan? Masyarakat Jakarta bisa lihat, membandingkan (calon satu sama lain) begitu loh. Kamu kerja apa saja selama itu di daerah kamu, berapa lama. Semua mesti dibandingkan," tutur Ahok.

Nantinya, masyarakat Jakarta bakal membandingkan hasil kerja para calon di daerah yang pernah dia pimpin. Misalnya soal pembangunan taman, Ahok mengambil hal ini sebagai contoh.

"Misal kamu bicara tentang membangun taman, terus kamu bandingkan nanti kan. Taman di daerah yang kamu bangun seperti apa, yang dibangun dari kami seperti apa. kamu bangunnya butuh berapa tahun? Mungkin 15 tahun, 5 tahun, di sini berapa tahun," tutur Ahok.

Penggunaan internet dengan aplikasi jejaring media sosialnya bakal menambah semarak pertimbangan-pertimbangan memilih cagub terbaik. Foto-foto hasil kerja calon yang pernah menjadI kepala daerah akan bertebaran untuk dinilai dan dicermati.

"Jakarta langsung dikorek nih koreng-korengnya semua nih, jadi orang enggak boleh mengeluh. Ini menarik, jadi kalau kamu dari daerah lain, datang, lawan politik kamu juga akan membongkar borok kamu. Pasti dong, dia akan bongkar borok kamu, mengatakan kamu begini, begini. Jadi ini menarik," tutur Ahok.

Demokrasi akan menemukan pilihannya. Bukan berdasarkan warna kulit, kata Ahok, namun berdasarkan meritokrasi. Risma adalah kader PDIP. Namun partai berlambang banteng moncong putih itu belum juga memutuskan, siapa gerangan tokoh yang bakal maju ke Pilgub DKI. Meski dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ahok juga tak tahu, apakah Risma benar-benar akan diusung PDIP atau tidak.

"Saya enggak tahu," kata Ahok.
Ahok: Risma Pernah Ngomong Wali Kota Solo Saja Jadi Presiden, Masa Surabaya Tidak? Ahok: Risma Pernah Ngomong Wali Kota Solo Saja Jadi Presiden, Masa Surabaya Tidak? Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/31/2016 11:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.