Bak Pahlawan, Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Freddy Budiman

Jenazah Freddy Budiman diantar ribuan warga ke pemakaman
Jenazah Freddy Budiman diantar ribuan warga ke pemakaman. (Foto: Detikcom)
Jenazah terpidana mati Freddy Budiman tiba di rumah duka, Jalan Krembangan Baru VII/6A, Kelurahan Kemayoran, Krembangan, Surabaya. Gembong narkoba ini lalu disemayamkan dan disalatkan oleh para pelayat.

Seperti dilaporkan detikcom, Jumat (29/7/2016), ambulans yang membawa jenazah Freddy tiba pukul 14.00 WIB. Laju ambulans merambat karena jalan yang menuju ke rumah duka dipadati warga. Ribuan warga yang penasaran, memenuhi jalan dan rumah Freddy. Tak lupa mereka mencoba mengambil gambar.

Begitu sampai, pintu belakang ambulans dibuka dan peti mati jenazah segera diturunkan. Peti mati berwarna coklat tersebut digotong keluar mobil dan langsung dimasukkan ke rumah oleh sejumlah orang.
Jenazah Freddy tiba di rumah duka di Surabaya
Jenazah Freddy tiba di rumah duka di Surabaya. (Detikcom)
Begitu peti mati masuk rumah, pintu pagar segera ditutup dan rumah steril dari warga dan pihak yang tidak berkepentingan. Jenazah Freddy disemayamkan, didoakan, dan disalatkan di dalam rumah. Setelah itu, jenazah Freddy akan dibawa ke Masjid An Nur untuk disalatkan oleh para pelayat.

Usai disalatkan, jenazah dibawa ke pemakaman. Keranda yang berisi jenazah pria 37 tahun itu diusung warga dengan berjalan kaki ke pemakaman yang berjarak sekitar 1,5 km.

Rombongan pengusung jenazah langsung ke lokasi liang lahat begitu sampai ke pemakaman Kalianak di Jalan Sedayu, Surabaya. Liang lahat Freddy berada di sisi utara makam yang familiar disebut Makam Mbah Ratu tersebut. Keluarga dan kerabat Freddy sudah berada di dekat makam.

Rombongan pengusung jenazah langsung ke lokasi liang lahat begitu sampai ke pemakaman. Liang lahat Freddy berada di sisi utara makam yang familiar disebut Makam Mbah Ratu tersebut. Keluarga dan kerabat Freddy sudah berada di dekat makam.

Warga yang penasaran juga berdatangan memenuhi makam. Mereka tampak mengabadikan prosesi pemakaman Freddy melalui handphone. Sebelum jenazah datang, liang lahat Freddy dipenuhi air karena kondisi tanah yang basah akibat hujan sebelumnya. Meski sudah dikuras, namun air masih menyembur di dalam liang lahat. Namun itu tak menjadi halangan untuk pemakaman.

Kain kafan yang membungkus jenazah Freddy segera dimasukkan ke liang lahat. Setelah diazankan dan diiqomahkan, liang lahat Freddy segera ditutup dan didoakan keluarga dan warga.
Freddy Budiman dimakamkan satu liang dengan neneknya
Freddy Budiman dimakamkan satu liang dengan neneknya. (Detikcom)
Lalu mengapa banyak warga menghadiri pemakaman gembong narkoba ini bak pahlawan yang meninggal?

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam Sholeh Marzuki mengatakan, banyaknya para pelayat untuk menghantarkan jenazah ini karena sosok Freddy dikenal baik oleh warga. Pria yang merupakan teman kecil Freddy mengaku almarhum adalah sosok yang memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, suka membantu. "Inilah kenapa banyak orang yang datang melayat. Dia (Freddy Budiman-red), adalah sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dia low profil dan ringan tangan suka membangu," ujar pria yang akrab disapa Gus Sholeh di rumah duka, Jumat (29/7/2016), seperti diberitakan Okezone.



Gus Sholeh mengaku, Freddy Budiman merupakan temannya sejak kecil. Mereka hidup di Jalan Krembangan VII. Di tempat ini, sejak kecil hingga remaja, Freddy banyak menghabiskan masa-masanya dengan anak-anak seusianya. Dia menceritakan, sudah lama tidak kontak dengan Freddy sejak tahun 1998.

"Saya sibuk dengan urusan pesantren. Di era reformasi saya juga aktivis pembela Gus Dur. Tapi komunikasi dengan keluarga Freddy tetap terjalin," ungkapnya. Ia mengetahui, Freddy terlibat dalam urusan narkoba melalui media televisi. Kontan mengetahui hal itu, pria berambut gondrong ini langsung kaget.

"Saya kaget, kok bisa seperti ini. Ya Alloh. Saudara saya. Tapi semua itu kita kembalikan kepada Alloh SWT. Karena tidak ada sekecil apapun kebaikan atau keburukkan yang luput dari perhitungannya. Saya hanya bisa mendoakan semoga Freddy dirahmati Alloh SWT," ujar Gus Sholeh sembari mendoakan teman kecilnya itu.

Gus Sholeh juga memberikan nasihat kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan. Agar kejadian ini diambil hikmahnya. Terlebih lagi, keluarga Freddy Budiman dikenal sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi kepada masyarakat sekitar.

"Saya mewakili Freddy, teman kecil saya minta maaf kepada masyarakt Indonesia. Ini jadi pelajaran berharga, kepada yang lain, jangan sekali-sekali bersentuhan dengan Narkoba," tambahnya.
Bak Pahlawan, Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Freddy Budiman Bak Pahlawan, Ribuan Warga Hadiri Pemakaman Freddy Budiman Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/29/2016 03:12:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.