Bawa TKI Ilegal, Kapal Tenggelam di Johor Bahru, 7 WNI Tewas

Kapal yang membawa TKI ilegal tenggelam di Johor Bahru, Malaysia
Kapal yang membawa TKI ilegal tenggelam di Johor Bahru, Malaysia. (Foto: straitstimes.com)
Sebuah kapal yang membawa 62 orang imigran gelap atau TKI ilegal tenggelam di Pantai Batu Layar, Johor Bahru, Malaysia, Sabtu (23/7) malam. 7 orang WNI dikabarkan tewas dalam kecelakaan tersebut.

Direktur Departemen Imigrasi Johor Rohaizi Ibrahim mengatakan kapal yang mengangkut puluhan WNI tersebut terbalik hanya beberapa meter dari Pantai Batu Layar.



"Dari investigasi yang dilakukan, kapal ini dilaporkan menyelinap keluar dari Malaysia melalui jalur tak resmi menggunakan perahu reyot. Mereka berlayar pada pukul 19.00 malam namun terjebak gelombang laut setinggi 2 meter sehingga menyebabkan kapal terbalik," ujar Rohaizi seperti dilansir media Malaysia, The Star, Minggu (24/7/2016), seperti dikutip dari Detikcom.

Rohaizi mengatakan 34 orang penumpang lainnya termasuk 8 wanita selamat dari insiden yang terjadi sekitar pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Sementara yang selamat, ujarnya, berumur antara 25 hingga 41 tahun. Saat ini mereka telah dibawa ke otoritas keamanan setempat untuk dimintai keterangan.

"Penduduk setempat bergegas ke lokasi kejadian untuk menyelamatkan korban lain sebelum petugas tiba," kata Rohaizi. Operasi pencarian dan penyelamatan masih terus dilakukan untuk mencari 21 orang penumpang lainnya yang belum ditemukan. Hanya 3 dari 34 orang korban selamat yang memiliki paspor, sementara yang lainnya tak memiliki dokumen resmi.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi telah mendapat kabar mengenai tenggelamnya kapal yang mengangkut puluhan WNI di Johor Bahru, Malaysia. Kapal ini mengangkut WNI yang akan melakukan perjalanan dari Malaysia ke Batam.

"Korban yan ditemukan ini diduga adalah penumpang kapal yang tenggelam saat melakukan perjalanan dari Johor ke Batam. Jumlah penumpangnya sekitar 60 orang," ujar Retno kepada wartawan di sela acara pertemuan tingkat menteri luar negeri se-ASEAN di Ruang 28, National Convention Center, Ban Chommany Tai, Vientiane, Laos, Minggu (24/7/2016).

Retno mengatakan KJRI Johor Bahru dihubungi oleh polisi yang memberitahukan tenggelamnya kapal tersebut. Sekitar 44 orang ditemukan selamat dan 6 meninggal dunia.

"Dua laki-laki dan 4 perempuan ditemukan di Pantai Batu Layar, Sungai Rengit, Bandar Penawan, Johor. Tim SAR masih terus melakukan pencarian terhadap korban, tentunya yang meninggal dilakukan penanganan dengan visum," jelasnya.

Dia mengatakan satgas perlindungan KJRI Johor Bahru tadi pagi telah menuju lokasi kejadian. "Saya sudah dapat update bahwa KJRI Johor Bahru sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengindentifikasi korban yang ada termasuk memantau masih adanya korban yang belum ditemukan," kata Retno.

"KJRI akan terus berkoordinasi," tutupnya.
Bawa TKI Ilegal, Kapal Tenggelam di Johor Bahru, 7 WNI Tewas Bawa TKI Ilegal, Kapal Tenggelam di Johor Bahru, 7 WNI Tewas Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/24/2016 08:17:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.