Begini Ciri-ciri Anak yang Sudah Siap Masuk Prasekolah

Ilustrasi anak bermain di masa prasekolah
Ilustrasi anak bermain di masa prasekolah. (Foto: Istimewa)
Sebelum memasukkan si kecil ke preschool, ada baiknya orang tua mengetahui ciri-ciri apakah anak termasuk sudah siap masuk kelompok bermain dalam masa prasekolah. Sebab, jika anak tak siap yang ada mereka justru tidak happy dan malah stres.

Dikatakan psikolog pendidikan dari TigaGenerasi, Rafika Ariani, MPsi, orang tua patut ingat bahwa masa prasekolah bukan masa anak untuk mengejar kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Pada masa ini, lebih penting bagi anak untuk mengenal struktur, aturan, kemandirian, dan kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya.



Wanita yang akrab disapa Fika ini mengungkapkan, ada ciri-ciri anak siap masuk kelompok bermain, dilihat dari beberapa aspek yakni kemampuan sosial, keterampialn motorik, dan kemampuan berpikir. Dari aspek kemampuan sosial, di antaranya anak mampu berpisah selama beberapa jam dari orang tua. Kemudian, anak mengenali anggota keluarga, saudara, maupun teman-temannya.

Ia mampu memasukkan biji-bijian kedalam kotak berleher sempit dengan benar dan dalam menggambar anak dapat meniru lingkaran dana silangan serta menyebutkannya.

"Lalu anak menunjukkan ketertarikan serta rasa ingin tahu dalam berlajar dan bertemu orang-orang baru. Anak juga berpartisipasi dalam aktivitas kelompok minimal 15 menit, tanpa batuan orang tua atau orang dewasa lain," tutur Fika, seperti dikutip dari buku 'Anti Panik Mengasuh Anak 0-3 Tahun' karangan TigaGenerasi.

Dari aspek keterampilan motorik, motorik kasar, kekuatan, serta keseimbangan anak sudah berkembang dengan cukup baik. Misalnya anak sudah mampu melompat, berdiri dengan satu kaki, berlari, atau menendang. Selain itu, lanjut Fika, koordinasi tangan dan mata anak sudah berkembang dengan baik. Hal ini tampak saat misalnya anak bermain balok susun atau puzzle sederhana.

Lalu, apa ciri-ciri anak sudah siap masuk kelompok bermain dari aspek kemampuan berpikir? "Anak mampu memahami instruksi singkat yang terdiri dari dua sampai tiga kata, anak mampu membedakan sesuatu misalnya jumlah, ukuran, warna, atau bentuk, lalu anak mampu membedakan pagi dan malam hari," papar Fika.

Selain itu, anak menunjukkan minta terhadap lingkungan di luar rumah. Misalnya, ia mengajukan pertanyaan tentang hewan atau kejadian tertentu. Si kecil pun sudah mulai mengeksplor berbagai penggunaan alat menggambar seperti krayon atau pensil warna.
Begini Ciri-ciri Anak yang Sudah Siap Masuk Prasekolah Begini Ciri-ciri Anak yang Sudah Siap Masuk Prasekolah Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/16/2016 07:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.