Bocah di Cipete Tersunat dengan Sendiri, Ini Penjelasan Medisnya

Muhammad Azka (4), bocah yang tersunat dengan sendirinya di Cipete
Muhammad Azka (4), bocah yang tersunat dengan sendirinya di Cipete. (Detikcom)
Muhammad Azka (4) menjadi perbincangan di kampungnya di Cipete, Jaksel. Ada yang aneh pada Azka yang tiba-tiba sudah disunat. Apa yang terjadi pada bungsu dari empat bersaudara pasangan Subhan dan Munawaroh ini kontan saja menarik perhatian tetangganya. Mereja berdatangan ingin melihat kondisi Azka.

Sang ayah, Subhan yang ditemui di rumahnya, Selasa (19/7/2016) menyampaikan kalau anaknya pada Senin (18/7) siang tahu-tahu sudah disunat. "Dia kemarin siang main sama ibunya. Dia lompat-lompatan dan tahu-tahu udah kaya gitu," jelas dia, seperti dilaporkan Detikcom.



Apa yang dialami Azka ini baru pertama kali di Cipete. Terang saja menjadi perbincangan ramai. "Dia nggak pernah main keluar ya di rumah saja sama ibunya. Dia nggak ngerasa sakit apa-apa. Ya tahu-tahu sudah disunat saja," terang ayahnya.

Azka sendiri saat di rumahnya tidak memakai celana. Dan terlihat sudah disunat. Dia tidak terlihat kesakitan dan asyik memainkan tablet. Saat tiba-tiba disunat dia sempat menanyakan ke ibunya soal perubahan pada alat kelaminnya.

"Kata orang-orang ajaib ya," imbuh Subhan dengan senyum.

Kabar yang membuat heboh masyarakat ini juga sampai ke telinga polisi. Pihak kepolisian menyarankan keluarga agar memeriksa ke dokter.

"Saya tanya ibunya juga nggak tahu beliau. Kata tokoh masyarakat sini juga ini yang pertama kali yang ada di sini," kata Kapolsek Cilandak Kompol Sujanto yang datang ke kediaman orang tua Azka di Cipete, Selasa.

Suyanto juga melihat langsung kondisi Azka yang sudah disunat. "Kondisi sunat, saya mengimbau untuk segera ke dokter," sambung dia.

Penjelasan secara medis

Fenomena ini di masyarakat kadang diasosiasikan dengan hal mistis. Bahkan disebut dengan anak disunat jin. Peristiwa ini memang sering terjadi.

Selain pada kasus Azka, hal yang sama juga pernah menimpa seorang bocah di Klaten pada 29/5/2015. Seusai bermain pada pukul 14.00 WIB, bocah bernama Azis (8) mengalami sakit luar biasa di kelaminnya. Setelah diperiksa di puskesmas, kondisi sang bocah sudah tersunati dengan sendirinya. Hal yang sama juga terjadi pada bocah bernama Rezkia Shanira (6) di Bandung.

Lalu bagaimanakah penjelasan hal ini secara medis?

Di dunia kedokteran, fenomena 'disunat jin' punya nama medis: parafimosis. Kondisi tersebut tergolong masalah darurat yang harus segera ditangani dokter umum. Lebih khusus lagi, dokter khitan.

Dokter sekaligus salah seorang pendiri Pusat Khitan di Jalan Sumbawa, Bandung, Donny Sulifan mengatakan, parafimosis cukup sering terjadi pada lelaki yang belum disunat. Parafimosis merupakan terlipatnya kulup atau kulit ujung penis yang sempit ke belakang secara tiba-tiba namun tak bisa kembali lagi.

Orang awam mudah melihatnya seperti penis yang telah disunat. Padahal belum ada kulit yang dipotong, apalagi oleh jin. "Tertariknya kulit itu karena penis yang ereksi. Kalau kulupnya lebar bisa balik lagi," ujarnya, Jumat, 21 Juni 2013, seperti diberitakan Tempo.co.

Kondisi itu menyakitkan, sesuai tingkat derajat emergensi ringan, sedang, dan berat. Dalam keadaan ereksi penis berlangsung lama sambil terjepit kulit yang terlipat, kata Donny, penis bisa menjadi bengkak. "Dokter harus mengembalikan kulit ke posisi semula dulu, tidak boleh langsung menjahit kulit yang masih menjepit penis," ujarnya.

Setelah kulup dinormalkan, kata Donny, pasien bisa langsung disunat. Tindakan itu untuk mencegah potensi terulangnya parafimosis yang merupakan kelainan sejak lahir.

Di klinik tempat praktiknya, kasus parafimosis pada pasien yang belum disunat sekitar 20 orang. Pada saat proses sunat lebih banyak lagi, sekitar 500 orang. "Biasa terjadi pada anak-anak atau orang dewasa, kalau pada bayi terhitung jarang," ujarnya.
Bocah di Cipete Tersunat dengan Sendiri, Ini Penjelasan Medisnya Bocah di Cipete Tersunat dengan Sendiri, Ini Penjelasan Medisnya Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/19/2016 08:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.