Demo Tolak Pabrik Semen di Pidie Rusuh, Mobil dan Tangki Minyak Dibakar

Tanki minyak dibakar dalam demo tolak pabrik semen di Pidie
Tanki minyak dibakar dalam demo tolak pabrik semen di Pidie. (istimewa)
Ratusan warga Kecamatan Laweung, Kabupaten Pidie, Aceh menggelar aksi demonsrasi penolakan pabrik semen di lokasi pembangunan di wilayah tersebut. Aksi sempat memanas sehingga satu unit mobil pikap dan tanki berisi ratusan liter minyak dibakar.

Seperti diberitakan detikcom, demo digelar oleh ratusan masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Laweung sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu (30/7/2016). Aksi mereka mendapat pengawalan aparat kepolisian. Namun entah bagaimana ceritanya, masyarakat tiba-tiba membakar pos jaga, satu unit mobil pikap dan tangki yang berisi minyak sebanyak 16.000 ton yang ada di lokasi.



Para pekerja berusaha menyelamatkan diri dengan membawa keluar sejumlah alat berat. BPBD Pidie sempat mengerahkan mobil pemadam kebakaran ke lokasi, namun dipaksa kembali oleh warga.

Seorang warga Pidie, Zulkifli, mengatakan, warga menggelar aksi untuk meminta pembangunan pabrik semen dihentikan sebelum adanya kejelasan masalah ganti rugi lahan. Aksi demo tersebut sudah digelar beberapa kali sejak wacana pembangunan pabrik semen mencuat.

"Warga meminta ganti rugi tanah mereka," kata Zulkifli saat dihubungi detikcom dari Banda Aceh.
Ratusan warga melakukan aksi demonstrasi
Ratusan warga melakukan aksi demonstrasi. (Istimewa)
Pembangunan pabrik semen di Laweung sudah mulai dikerjakan sejak beberapa bulan lalu. Menurut warga, hingga kini belum ada kejelasan soal ganti rugi tanah mereka. Meski sudah beberapa kali aksi unjuk rasa digelar, tapi pembangunan pabrik tetap berlanjut.

"Warga meminta kejelasan status tanah lahan milik mereka dan menuntut pekerjaan dihentikan sementara sehingga ada kejelasan soal tanah dengan masyarakat," jelas Zulkifli.

Tak lama setelah unjuk rasa usai, beberapa pengunjuk rasa dibawa ke Mapolsek. Mereka dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

"Saat ini saya lagi di Polsek. Dipanggil terkait demo tadi," kata seorang warga Desa Kule, Salamuddin.
Massa juga membakar 1 mobil
Massa juga membakar 1 mobil. (Istimewa)
Sementara itu, Kapolres Pidie, AKBP Ali Khadafi, mengatakan, pihaknya sudah menurunkan puluhan personel Brimob untuk berjaga di lokasi. Pelaku pembakaran akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Tadi kami dapat informasi ada demo anarkis. Pendemo yang melanggar hukum akan kita tindak," kata Kapolres.
Demo Tolak Pabrik Semen di Pidie Rusuh, Mobil dan Tangki Minyak Dibakar Demo Tolak Pabrik Semen di Pidie Rusuh, Mobil dan Tangki Minyak Dibakar Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/30/2016 04:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.