Desa Lokasi KKN Kaesang, Putra Jokowi di Mojokerto Dijaga Ketat

Akses masuk lokasi KKN Kaesang Pangarep ditutup
Akses masuk lokasi KKN Kaesang Pangarep ditutup. (Foto: Detikcom)
Kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di Dusun Gumeng, Godang, Mojokerto, Jawa Timur, berlangsung tertutup. Pengamanan jalur masuk ke desa yang terletak di lereng Pegunungan Anjasmoro ini pun diperketat.

Seperti diberitakan Detikcom, Kaesang yang tercatat sebagai mahasiswa Singapore Institute of Management ini berada di Mojokerto sejak Selasa (12/7). Dia bergabung dengan 199 mahasiswa dari 15 perguruan tinggi di 9 negara untuk mengikuti kegiatan community outreach program (COP), yakni KKN yang melibatkan mahasiswa asing.



Setelah diterima Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, Kaesang dan ratusan mahasiswa lainnya langsung ditempatkan ke 5 desa terpencil. Desa tersebut yakni Desa Jembul, Dusun Lebaksari dan Dusun Siman di Desa Rejosari, Kecamatan Jatirejo, serta Desa Gumeng, Desa Dilem dan Desa Jatidukuh, Kecamatan Gondang.

Kaesang yang melakukan kerja sosial di Dusun Gumeng selama 21 hari akan fokus mengerjakan sejumlah proyek yang dibutuhkan di Gumeng sekaligus mempelajari kehidupan sosial masyarakat setempat.

Sayangnya, kegiatan KKN Kaesang di Dusun Gumeng berlangsung tertutup. Tak hanya wartawan, warga dari luar kampung dilarang masuk ke desa terpencil ini. Satu-satunya jalan masuk ke Gumeng dipasang portal dari bambu.

Sejumlah pemuda berjaga di depan portal tersebut. Terdapat meja dan kursi layaknya pos penjagaan. Tak nampak seorang pun petugas dari unsur kepolisian maupun TNI di tempat penjagaan ini.

Setiap orang yang akan masuk ditanyakan identitas dan maksud kedatangan. Warga luar kampung diizinkan masuk dengan syarat hendak menemui kerabat yang tinggal di Dusun Gumeng.

Namun mereka harus meninggalkan KTP di meja penjagaan. Selain itu, pedagang buah yang sudah biasa masuk ke kampung ini masih diizinkan melewati portal.

"Orang luar kampung tidak boleh masuk, nggak tahu kenapa. Penjagaan 24 jam," kata Sugianto (60), petani yang sudah 25 tahun menetap di Gumeng.

Dari portal penjagaan itu, tak nampak sama sekali aktivitas Kaesang maupun mahasiswa peserta COP. Susana desa terpencil di lereng Pegunungan Anjasmoro ini nampak sepi seperti biasanya.

Hanya nampak beberapa penduduk Dusun Gumeng hilir-mudik mengangkut rumput dan hasil berkebun. Serta beberapa orang yang harus kembali lantaran dilarang masuk.

Satu-satunya petunjuk adanya kegiatan COP, yakni spanduk ucapan selamat datang yang dipasang beberapa meter dari portal penjagaan.

Tak hanya menutup akses masuk ke Dusun Gumeng, warga setempat juga bungkam saat ditanyai perihal kegiatan KKN Kaesang di kampung mereka. Tabiat warga yang biasa ramah, kini cenderung menutup dari dari orang luar.

"Ada mahasiswa dari 9 negara, termasuk puteranya Pak Jokowi. Kegiatannya apa? Saya nggak tahu," ujar Sugianto.

Sementara seorang pedagang buah, Sugiono (47) menuturkan, dirinya diizinkan masuk lantaran sudah banyak dikenal warga Gumeng. Pria asal Desa Kemiri, Kecamatan Pacet ini biasa membeli buah dan sayuran hasil berkebun warga setempat. Seperti yang dia lakukan siang ini, mengangkut pisang untuk dijual kembali ke pasar.

"Aktivitas warga Gumeng seperti biasanya. Hanya saja banyak mahasiswa yang lalu lalang di dalam kampung," terangnya.

Dusun Gumeng memang kerap menjadi lokasi kegiatan KKN mahasiswa. Kampung yang dihuni sekitar 150 keluarga ini jauh dari pusat kota. Suasana desa masih sangat asri. Seluas mata memandang, membentang hijaunya hutan jati dan perkebunan warga.


Untuk menuju ke kampung ini, dibutuhkan sekitar satu jam perjalanan darat dari Kota Mojokerto. Sementara dari Kecamatan Gondang, harus menyusuri jalan beraspal yang berkelok naik-turun sejauh 7 Km. Meski cukup sempit, satu-satunya akses jalan ke Dusun Gumeng ini cukup mulus untuk dilewati.

Letak geografis Gumeng yang terpencil, membuat jaringan telekomunikasi tak menyentuh kampung ini. Semoga, kedatangan Kaesang dan peserta COP lainnya bisa memberi perubahan yang cukup berarti bagi warga Gumeng.
(fdn/fdn)
Desa Lokasi KKN Kaesang, Putra Jokowi di Mojokerto Dijaga Ketat Desa Lokasi KKN Kaesang, Putra Jokowi di Mojokerto Dijaga Ketat Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/16/2016 04:33:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.