Eksekusi Mati Gelombang III Dilaksanakan Malam Ini

Sejumlah mobil polisi masuk ke Nusakambangan
Sejumlah mobil polisi masuk ke Nusakambangan. (Detikcom)
Seluruh keluarga terpidana mati dan masing-masing kuasa hukumnya telah dikumpulkan di Kejaksaan Negeri Cilacap pada Kamis (28/7/2016). Mereka telah diberikan kepastian oleh pihak kejaksaan bahwa pelaksanaan eksekusi mati gelombang III akan dilaksanakan pada Kamis malam nanti.

"Iya. Sudah final, Mas, nanti malam dilaksanakan eksekusinya. Kami pihak keluarga sudah diberitahukan barusan oleh kejaksaan. Tadi kami keluarga dan kuasa hukum dikumpulkan di dalam," jelas Pratikno (57), salah seorang keluarga terpidana mati yang enggan disebutkan, seusai keluar dari Kejaksaan Negeri Cilacap, Kamis sore, seperti dilaporkan Detikcom.



Kepastian pelaksanaan eksekusi malam nanti ini setelah seluruh keluarga terpidana mati dikumpulkan sejak pagi tadi. Seluruhnya hanya bisa pasrah menerima keputusan pelaksanaan eksekusi.

"Ya, kebanyakan sudah pasrah. Enggak bisa ngomong apa-apa," tambah dia.

Seperti dilaporkan Detikcom, di depan Kantor Kejaksaan Negeri Cilacap sampai sore ini, terlihat masih ada beberapa keluarga terpidana mati yang berada di dalam. Pertemuan dilakukan secara tertutup dan tak seorang pun wartawan yang bisa masuk. Bahkan, saat bertanya ke petugas kejaksaan, tak ada satu pun yang memberikan keterangan.

"Enggak tahu, Mas. Saya enggak berani ngomong. Tapi, memang sejak tadi pagi keluarga sudah dikumpulkan di sini," ujar seorang petugas kejaksaan yang enggan disebutkan namanya.

Seluruh wilayah di sekitar Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, sejak pukul 14.00 WIB sudah steril dari aktivitas masyarakat serta seluruh pengunjung yang tak berkepentingan, termasuk keluarga terpidana mati.

"Sudah tidak ada (pengunjung). Batas waktu terakhir jam 14.00 WIB sudah dikosongkan. Berarti masuk, nanti sudah steril. Sudah keluar semua, sudah kosong. Batasnya sampai jam 14.00 WIB, semua yang ada di sana," kata Kepala Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Cilacap, Jawa Tengah, AKBP Edi Santosa, Kamis (28/7/2016).

Edi enggan membeberkan 14 terpidana akan menghadapi regu tembak dalam eksekusi tahap ketiga ini. Termasuk soal waktu pelaksanaan eksekusi mati. Namun, Edi mengatakan seluruh terpidana mati saat ini dalam kondisi pasrah dan baik untuk menghadapi malam nanti. "Semua yang ada di sana, mereka sudah kuat lah. Untuk menghadapi situasi yang ada untuk nanti malam. Ya mungkin ada satu dua yang.., tapi semuanya ya sudah kuat semua," jelasnya.
Eksekusi Mati Gelombang III Dilaksanakan Malam Ini Eksekusi Mati Gelombang III Dilaksanakan Malam Ini Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/28/2016 04:39:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.