Gabung Shanghai SIPG, Hulk Jadi Pemain Termahal di Asia

Hulk tiba di bandara untuk bergabung dengan Shanghai SIPG
Hulk tiba di bandara untuk bergabung dengan Shanghai SIPG. (Foto: Goal.com)
Klub Liga Super China, Shanghai SIPG resmi mendapatkan striker timnas Brasil, Hulk setelah mengeluarkan dana 55,8 juta euro (sekitar Rp 816 miliar). Dengan nilai transfer sebesar itu, pesepakbola yang bernama asli Givanildo Vieira de Sousa tersebut kini menjadi pemain paling mahal di Benua Asia.



Rekor transfer termahal sebelumnya dipegang oleh gelandang serang asal Brasi, Alex Teixeira yang pindah dari Shakhtar Donetsk ke Jiangsu Suning pada Februari lalu sebesar 50 juta euro.

Hulk, penyerang Brasil yang sekarang berusia 29 tahun, memperkuat Zenit sejak 2012. Bersama klub Rusia itu, dia tampil pada 147 pertandingan dan mencetak 74 gol serta meraih satu titel Liga Primer Rusia.

"Zenit berterima kasih kepada Hulk dan keluarganya untuk waktu yang dihabiskan di St. Petersburg dan kontribusinya yang tak ternilai untuk sejarah kami. Semoga sukses dan kami mendoakan kamu meraih banyak kemenangan! Obrigado!" tulis Zenit dalam pernyataan yang dikutip Soccerway.

Shanghai SIPG dilatih oleh mantan pelatih Timnas Inggris berkebangsaan Swedia Sven-Goran Eriksson. Shanghai SIPG menempati posisi runner up Liga Super China musim lalu di bawah Guangzhou Evergrande dan pada musim yang tengah berjalan kini ada di posisi keempat.

Hulk sendiri dikabarkan digaji sebesar £320.000 per pekan atau £16.6 juta setahun. Ia kini memiliki 46 caps dan mencetak 11 gol bersama Timnas Brasil. Dia bergabung ke Zenit dari klub Portugal Porto pada 2012 dengan nilai transfer 40 juta euro.

Hulk mencetak 56 gol untuk Zenit dalam 97 pertandingan Liga Primer Rusia dan tampil sebagai top skor pada musim 2014-2015 dengan 15 gol. Sebelum bergabung ke Porto pada 2008, Hulk telah bermain di sejumlah klub yakni Vitoria (Brasil), Kawasaki Frontale, Consadole Sapporo, dan Tokyo Verdy.

Dalam beberapa waktu terakhir, klub-klub Liga Super China berani jor-joran demi mendatangkan pemain dan pelatih top. Nama-nama pesepakbola top yang merumput di sana antara lain Jackson Martinez dan Paulinho (keduanya di Guangzhou Evergrande), Tim Cahill (Hangzhou Greentown), Ezequiel Lavezzi dan Gervinho (keduanya di Hebei China Fortune), Ramires dan Alex Teixeira (keduanya di Jiangsu Suning), Fredy Guarin, Obafemi Martins, Demba Ba (ketiganya di Shanghai Shenhua).

Klub-klub Liga Super China tak akan berhenti berburu pemain-pemain top dunia. Mereka berani bersaing dengan klub-klub Eropa dengan menawarkan nilai transfer yang fantastis dan gaji yang amat menggiurkan. Lihat saja bagaimana Jiangsu berhasil mengalahkan Liverpool untuk mendapatkan Alex Teixeira.

"Tidak," jawab Eric Gao saat ditanya apakah ada pemain yang tidak bisa dijangkau oleh klub-klub China.

Gao adalah chief executive iRENA, sebuah perusahaan yang mewakili klub-klub Liga Super China.

"Saya bicara dengan beberapa orang dari UEFA dan dengan klub-klub. Mereka bertanya kepada saya 'Eric, bisakah kamu membantu kami menemukan beberapa agen yang bisa membeli beberapa pemain top?'," ujar Gao.

"Klub-klub China akan membayar jauh lebih banyak. Di China, sekarang banyak klub bersaing satu sama lain, siapa yang bisa membayar lebih," tambahnya.

"Itu adalah realitas. Saya mengenal banyak pemain bagus. Mereka menerima dua atau tiga tawaran dari klub-klub China. Para pemain akan mendapatkan lebih banyak uang di klub-klub China. Itu kenyataan," kata Gao.

Klub-klub China sekarang juga tengah mengincar gelandang Manchester City, Yaya Toure.

"(Klub-klub China) akan berusaha membeli pemain level top. Saya tahu banyak klub China tertarik. Mereka bicara dengan Manchester City untuk beberapa pemain bagus," kata Gao.
Gabung Shanghai SIPG, Hulk Jadi Pemain Termahal di Asia Gabung Shanghai SIPG, Hulk Jadi Pemain Termahal di Asia Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/01/2016 08:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.