Hasil Tes DNA Sudah Keluar, Jenazah Positif Santoso

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Foto: Detikcom)
Proses identifikasi terhadap jenazah Santoso sudah selesai. Hasil tes DNA memastikan bahwa jenazah itu memang Santoso alias Abu Wardah.

"Sudah positif (Santoso)," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2016), seperti diberitakan Detikcom.

Terkait kapan penyarahan jenazah ke pihak keluarga, Tito menyerahkan sepenuhnya ke Kapolda Sulawesi Tengah dan otoritas di daerah Sulteng.

Namun begitu, Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) itu mewanti-wanti jangan sampai ada yang menganggap Santoso 'pahlawan'.



"Prinsipnya yang saya minta, pada waktu pemakaman dan lain-lain jangan sampai menimbulkan kegaduhan, kesan heroik dan lain-lain, karena dia adalah pelanggar hukum," tegasnya.

Meski Santoso tewas, Kapolri belum brencana menghentikan operasi Satuan Tugas Tinombala gabungan Tentara Nasional Indonesia dengan Polri dari Poso, Sulawesi Tengah. Tito Karnavian mengatakan, pihaknya memiliki sejumlah alasan untuk tidak menarik pasukan Satgas Tinombala saat ini. Menurut dia, saat ini masih ada 19 pengikut Santoso yang terbagi dua kelompok dalam pelarian mereka di Pegunungan Biru.

Bila Satgas Tinombala ditarik dari Poso sekarang, kata Tito, sisa-sisa kelompok Santoso ini bisa melakukan konsolidasi, regrouping, membentuk pimpinan baru dan bangkit lagi.

"Kalau ada usulan (Satgas Tinombala) ditarik, rawan. Mereka akan kembali regrouping, membentuk pimpinan baru, konsolidasi," kata Tito.

Kapolri Jenderal Tito bahkan akan terus melakukan tekanan kepada 19 pengikut Santoso jika mereka tak mau turun dari Pegunungan Biru, Poso. "Jangan biarkan mereka bernafas sekarang. Tekan, Ali dan Basri tertangkap baru kita akan evaluasi untuk mengurangi pasukan," kata Tito.

Menurut Tito, operasi Satgas Tinombala sangat efektif membendung aksi terorisme oleh kelompok Santoso di Poso. Setelah adanya operasi ini kelompok Santoso tidak pernah melakukan aksinya.

"Operasi ini sangat efektif karena operasi gabungan ini di medan yang luas seperti itu. Tadinya indikatornya bahwa operasi ini berhasil, tadinya kelompok ini berhasil mereka yg mendikte dan melakukan serangan di mana-mana. Masyarakat, polisi, tentara jadi korban. Semenjak ada operasi Tinombala ini dengan kekuatan yang cukup kita melakukan pengepungan, penyikatan, mereka tak pernah melakukan aksi," ujar Tito.
Hasil Tes DNA Sudah Keluar, Jenazah Positif Santoso Hasil Tes DNA Sudah Keluar, Jenazah Positif Santoso Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/22/2016 02:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.