Honda Siapkan Motor Listrik EV-Cub Pesaing Gesits

Penampakan Motor Listrik Honda EV-Cub
Penampakan Motor Listrik Honda EV-Cub. (Detikcom)
Sejak diperkenalkan Mei 2016 lalu, motor listrik nasional Gesits yang awalnya dikembangkan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sudah mendapatkan respons positif. Sejauh ini, sebanyak 15.000 unit motor listrik Gesits sudah terpesan.

Gesits telah dipesan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali sebanyak 10.000 unit. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) juga memesan 5 ribu unit Gesits.



Hal ini tentu saja menjadi perhatian dunia otomotif Indonesia, salah satunya PT Astra Honda Motor yang ingin bersaing untuk pangsa pasar segmen ini. Pabrikan motor asal Jepang tersebut tengah menyiapkan motor listrik yang bakal dipasarkan pada 2018 mendatang.

"Honda sudah menyiapkan motor listirk, dari sekarang sudah di develop," ujar Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor, seperti diberitakan DetikOto, Jumat, 01/07/2016.

Meski tidak menjelaskan lebih lanjut detil dari motor listrik yang tengah dikembangkan, Loman mengungkapkan motor tersebut bakal hadir pada 2018 mendatang.

"Mudah-mudahan tahun 2018 sudah mulai dipasarkan," ungkapnya.

Jika dilihat dari target yang dijadwalkan Honda, nampaknya motor listrik yang dibicarakan Loman yakni EV-Cub.

Dalam diskusi yang didatangi detikOto sebelumnya, Chief Operating Officer of Motorcycle Operations Honda Motor Co., Ltd, Shinji Aoyama mengatakan akan memasarkan EV-Cub pada 2018 mendatang secara global.

Meski hal seperti baterai dan teknis lainnya saat ini masih tengah dikaji agar motor tersebut dapat diterima masyarakat.

"Rencana 2018 di Indonesia. Tidak mudah untuk mengomersialisasikan motor listrik. Harganya terlalu tinggi dan tidak terjangkau bagi semua orang. Harga dari baterai merupakan kunci untuk mengurangi biaya produksi. Ini yang sedang kami lakukan," ujar Shinji.

Shinji memberi contoh untuk biaya baterai, untuk penggunaan motor listrik dibutuhkan tenaga sekitar 1.000 kWH. Jika dikonversikan dengan harga standar internasional, diperkirakan untuk baterai menghabiskan biaya sekitar $700 hingga $800 atau skitar Rp 9,1 juta.
Honda Siapkan Motor Listrik EV-Cub Pesaing Gesits Honda Siapkan Motor Listrik EV-Cub Pesaing Gesits Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/01/2016 10:23:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.