Ini 6 Provinsi yang Akan Dibangun Kantor Perwakilan KPK

Gedung KPK
Gedung KPK. (Liputan6.com)
Wacana pembangunan kantor perwakilan KPK di daerah sebagai upaya memberantas praktik korupsi di wilayah tersebut sudah lama berhembus. KPK pun merespons positif hal tersebut meski tindak lanjutnya harus dibahas terlebih dahulu.

"Tentunya perlu mendiskusikan hal itu di internal KPK," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat dikonfirmasi, Kamis (14/7/2016).

Wacana tersebut muncul selepas pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelantikan Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri. Tujuannya agar penegakan hukum dapat dilakukan lebih maksimal di daerah.



"Menanggapi pidato kepala negara dikaitkan upaya mengatasi mafia hukum termasuk di daerah," ucap Saut.

Saat ini KPK memang tengah melakukan pembenahan denga prioritas 6 daerah yaitu Riau, Banten, Sumatera Utara, Papua, Papua Barat dan Aceh. Ketiga daerah pertama, beberapa kali kepala daerahnya terjerat kasus korupsi. Sementara ketiga daerah terakhir tercatat mempunyai dana otonomi khusus yang cukup besar.

Saut menyebut kemungkinan apabila KPK akan membuka kantor cabang maka di daerah tersebut. Namun dalam perkembangannya, hal tersebut bisa saja berubah.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan kantor itu nantinya tak hanya diisi KPK. Namun beberapa lembaga juga akan dilibatkan. Misalnya LKPP, BPKP, Ombudsman, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan.

"Kami membentuk semacam tim asistensi pemerintah daerah," katanya.

Sebelumnya bantuan dari Jaksa Agung Muhammad Prasetyo sempat ditawarkan. Korps Adhyaksa menawarkan kantor perwakilan di kejaksaan negeri di daerah-daerah.

"Tawaran memakai kantor kejaksaan di daerah itu juga, karena KPK dan Kejaksaan serta Polri kan ada MoU untuk kerjasama," kata Saut.
Ini 6 Provinsi yang Akan Dibangun Kantor Perwakilan KPK Ini 6 Provinsi yang Akan Dibangun Kantor Perwakilan KPK Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/14/2016 04:47:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.