Ini Alasan Bakal Cagub Gerindra Kerap Kunjungi Luar Batang

Sjafrie Sjamsoeddin memberikan keterangan pers usai salat Jumat di Masjid Luar Batang,
Sjafrie Sjamsoeddin memberikan keterangan pers usai salat Jumat di Masjid Luar Batang. (Foto: Liputan6.com)
Hampir semua bakal calon gubernur DKI dari Partai Gerindra pernah melakukan safari politik di kawasan Luar Batang. Salah satunya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno. Ia pernah shalat Jumat di Masjid Luar Batang dan menyapa warga sekitar.

Bakal cagub lainnya, pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra, bahkan menjadi kuasa hukum warga Luar Batang dalam melawan rencana penggurusan Pemprov DKI Jakarta.

Pekan lalu, giliran mantan Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Syamsoeddin, yang bersafari politik di kawasan Luar Batang. Sama halnya dengan Sandiaga, Sjafrie melaksanakan shalat Jumat di Masjid Luar Batang.



Kawasan Luar Batang sendiri merupakan kawasan yang sempat ingin ditertibkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menertibkan kawasan Pasar Ikan yang letaknya berdekatan dengan Masjid Luar Batang.

Lantas, kenapa hampir semua bakal cagub DKI dari Partai Gerindra melakukan safari politik ke Luar Batang?

Ketua tim penjaringan Partai Gerindra Syarif membantah bahwa Luar Batang ingin dijadikan basis dukungan politik Gerindra untuk Pilkada DKI Jakarta 2017. Syarif mengatakan, kawasan Luar Batang sering dijadikan lokasi "blusukan" karena merupakan simbol masyarakat yang tertindas.

"Bukan bermaksud menjadikan basis, tapi itu simbol masyarakat muslim yang teraniaya yang harus disentuh," ujar Syarif, Senin (18/7/2016), seperti diberitakan Kompas.com.

Menurut dia, warga Luar Batang yang sedang menghadapi rencana penertiban merupakan masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Kata Syarif, bacagub Partai Gerindra ingin "menyentuh" mereka.

Ia pun membantah bahwa kedatangan bacagub Partai Gerindra ke Luar Batang itu untuk menunjukkan perbedaan pandangan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Bukan soal perbedaan pendapat dengan Pak Ahok, tapi memang di sana simbol masyarakat mustadh'afin (kelompok masyarakat yang lemah)" ujar Syarif.

Di samping itu, ia mengatakan bahwa bacagub Gerindra datang ke Luar Batang atas dasar diundang.

"Seperti kemarin, itu pengurus Masjid Luar Batang dan para ulama dan habib yang ingin ketemu Pak Sjafrie, sudah dari lama tapi baru kesampaian, baru sempat Pak Sjafrie," ujar Syarif.

"Jadi bukan hanya keinginan Partai Gerindra saja," tambah dia. Syarif pun menilai undangan ini sebagai sesuatu yang positif bagi Gerindra.
Ini Alasan Bakal Cagub Gerindra Kerap Kunjungi Luar Batang Ini Alasan Bakal Cagub Gerindra Kerap Kunjungi Luar Batang Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/17/2016 08:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.