Jika Kalahkan Portugal, Deschamps Akan Cetak Sejarah Baru

Pelatih Perancis, Didier Deschamps
Pelatih Perancis, Didier Deschamps. (Foto: Istimewa)
Didier Deschamps adalah sesosok manusia sejarah dalam persepakbolaan Prancis. Ia tinggal selangkah lagi memanjangkan catatan sejarahnya itu. Ya, Deschamps adalah orang Prancis pertama yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia. Saat Les Bleus memenangi Piala Dunia 1998, Deschamps adalah kaptennya.

Dua tahun kemudian ia kembali memimpin rekan-rekannya di ajang Piala Eropa. Mengalahkan Italia lewat perpanjangan waktu, kesebelasan berjulukan "Ayam Jantan" itu tampil sebagai juara, dan Deschamps kembali mengangkat piala.



Kini pria 47 tahun itu berpeluang menjadi figur pertama yang bisa menjadi juara Eropa sebanyak tiga kali, sebagai pemain, kapten, maupun pelatih. Itu karena Prancis yang ditanganinya saat ini berhasil menembus final Euro 2016 di kandang sendiri.

Sejarah itu bisa dicapai Deschamps apabila ia dan timnya bisa mengalahkan Portugal pada hari Minggu (10/7) mendatang di Stade de France, Saint Denis.

Pada kategori pelatih spesial, saat ini adalah dua sosok yang pernah menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih. Mereka adalah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

Beckenbauer bahkan lebih spesial lagi karena dia adalah kapten pertama yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia (1974) dan Piala Eropa (1972) di level timnas, serta sejumlah piala kejuaraan Eropa di level klub.

Selain Piala Dunia dan Piala Eropa, Deschamps juga menjadi kapten Marseille saat menjuarai Liga Champions 1993. Hanya dia dan Iker Casillas, pemain yang pernah memenangi Piala Dunia, Piala Eropa, dan Liga Champions sebagai kapten tim.
Jika Kalahkan Portugal, Deschamps Akan Cetak Sejarah Baru Jika Kalahkan Portugal, Deschamps Akan Cetak Sejarah Baru Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/07/2016 06:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.