Kalahkan Jerman 2-0. Perancis Tantang Portugal di Final Euro 2016

Antoine Griezmann (tengah) pencetak gol kemenangan Perancis
Antoine Griezmann (tengah) pencetak gol kemenangan Perancis
Perancis lolos ke final Piala Eropa 2016 setelah menang 2-0 atas Jerman dan akan menghadapi Portugal di laga puncak. Dua gol kemenangan dicetak oleh Antoine Griezmann yang kini menjadi kandidat terkuat top skor turnamen ini.

Perancis sempat ditekan oleh Jerman di babak pertama, tetapi mereka kemudian unggul di ujung babak pertama lewat penalti Griezmann. Setelahnya, jalannya pertandingan berubah arah.

Di babak kedua, Perancis tampil lebih agresif lagi. Usaha mereka itu kemudian diganjar dengan gol kedua yang diawali oleh kesalahan lini belakang Jerman. Lagi-lagi, Griezmann yang jadi pencetak golnya.

Jerman sendiri kesulitan untuk membongkar pertahanan Perancis. Ketiadaan role penyerang murni, yang biasanya diperankan oleh Mario Gomez, menjadi salah satu faktor kesulitan mereka. Di sisi lain, beberapa peluang Jerman juga mentah di tangan kiper Prancis, Hugo Lloris.

Perancis pun lolos ke final untuk menghadapi Portugal. Laga final akan dihelat pada Senin (11/7/2016) dini hari pukul 02.00 WIB di Stadion Stade de France, Saint-Denis.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Stade Velodrome, Marseille, Jumat (8/7/2016) dini hari WIB, berlangsung seru sedari awal. Baik Jerman maupun Prancis sama-sama tampil ofensif dengan tempo tinggi. Prancis, mengandalkan kecepatan dan kelincahan pemain-pemain seperti Antoine Griezmann dan Dimitri Payet, sempat beberapa kali mengancam gawang Jerman di menit-menit awal.

Sekitar lima menit pertandingan berjalan, Prancis membangun serangan dengan ciamik dari sisi kiri lapangan. Griezmann menjadi salah satu inisiatornya. Serangan tersebut berakhir dengan sepakan Griezmann dari jarak dekat, tetapi sepakan tersebut masih bisa ditepis oleh kiper Jerman, Manuel Neuer.

Tapi, setelahnya Jerman benar-benar mengurung Prancis. Para pemain Jerman naik tinggi hingga memenuhi area lapangan Prancis, termasuk Jerome Boateng yang berposisi sebagai bek tengah. Tidak jarang, Boateng langsung melakukan pressing ketika pemain-pemain Jerman kehilangan bola di area lapangan Prancis.

Pergerakan cair pemain Jerman juga menyulitkan Prancis. Tidak jarang perubahan posisi para pemain Jerman membuat Prancis kesulitan untuk menghentikan aliran bola. Di periode-periode inilah Jerman menciptakan sejumlah peluang.

Pada menit ke-12, Jerman mendapatkan peluang lewat usaha Thomas Mueller, tetapi usahanya masih melebar. Semenit kemudian gantian Mesut Oezil yang mendapatkan kans, tetapi tembakannya masih bisa ditepis oleh kiper Prancis, Hugo Lloris.

Sementara itu, pada menit ke-25 gantian Bastian Schweinsteiger mendapatkan peluang. Kapten timnas Jerman itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dari luar kotak penalti. Tapi, tendangannya masih bisa ditepis oleh Lloris.

Prancis sempat beberapa kali membalas lewat tendangan bebas Payet. Tetapi, tendangan bebas gelandang milik West Ham United itu juga masih bisa dihentikan oleh Neuer.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Prancis jadi lebih sering mengancam gawang Jerman. Olivier Giroud mendapatkan kans bagus ketika ia merebut bola dari penguasaan Boateng. Giroud lalu menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti Jerman. Namun, belum sempat ia melepaskan tembakan, Benedikt Howedes sudah memblok dengan tekelnya.

Griezmann juga sempat mendapatkan kans lewat tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti. Tapi, sial baginya, tendangannya hanya menerpa jaring gawang.

Prancis akhirnya unggul di menit ke-45 ketika Schweinsteiger melakukan handball. Schweinsteiger mendapatkan kartu kuning dan Prancis mendapatkan penalti. Griezmann yang menjadi eksekutornya tidak membuang percuma kesempatan. Sepakannya keras mengarah ke sudut atas dan membawa 'Tim Ayam Jantan' unggul 1-0.

Di tengah usaha untuk mengejar ketertinggalan, pelatih Jerman, Joachim Loew, memainkan Mario Gotze, seorang pemain depan, menggantikan Emre Can, seorang gelandang bertahan. Namun, Jerman tetap kesulitan menembus pertahanan Prancis.

Sementara itu, Prancis bertambah agresif di babak kedua. Keunggulan mereka bertambah ketika pertandingan memasuki menit ke-72. Lagi-lagi Griezmann yang jadi pencetak golnya. Gol itu sendiri menunjukkan kesalahan lini belakang Jerman yang panik ketika ditekan pemain-pemain Prancis.

Bola yang hilang dari kaki Joshua Kimmich lantas diambil Paul Pogba di sisi kanan. Pogba lantas mengecoh penjaganya dan melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Umpan Pogba masih bisa dipotong Neuer, tetapi bola langsung disambar oleh Griezmann. 2-0.

Jerman sempat mendapatkan beberapa peluang setelahnya. Beberapa di antaranya lewat sundulan tendangan Kimmich dan sundulan Shkodran Mustafi. Tapi, tak ada satu pun yang berbuah jadi gol.

Pada akhirnya, keunggulan 2-0 milik Prancis tetap bertahan.

Susunan Pemain

Jerman: Neuer, Kimmich, Boateng (Mustafi 61), Howedes, Hector, Can (Goetze 66), Schweinsteiger (Sane 79), Kroos, Draxler, Oezil, Mueller.

Prancis: Lloris, Sagna, Umtiti, Koscielny, Evra, Matuidi, Pogba, Sissoko, Payet (Kante 71), Griezmann (Cabaye 90+2), Giroud (Gignac 78).
Kalahkan Jerman 2-0. Perancis Tantang Portugal di Final Euro 2016 Kalahkan Jerman 2-0. Perancis Tantang Portugal di Final Euro 2016 Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/07/2016 02:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.