Kapal Perang Taiwan Tak Sengaja Luncurkan Rudal ke China

Rudal Hsiung Feng III buatan Taiwan
Rudal Hsiung Feng III buatan Taiwan. (Getty Image)
Kapal perang Taiwan tak sengaja meluncurkan sebuah rudal. Namun rudal itu mengenai kapal nelayan dan menewaskan satu warga sipil Taiwan, serta melukai tiga orang lainnya.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (1/7/2016), rudal buatan Taiwan bernama Hsiung-feng III (Brave Wind) itu mengudara sejauh 75 kilometer, sebelum mengenai kapal nelayan di perairan Penghu, gugusan pulau yang dikelola otoritas Taiwan di Selat Taiwan.



Kapal nelayan bernama Hisan Li Sheng itu merupakan kapal pukat ikan dengan berat 60 ton, yang berasal dari kota Kaohsiung. Kapten atau nakhoda kapal nelayan itu tewas, sedangkan tiga awaknya termasuk satu warga Vietnam dan satu warga Filipina mengalami luka-luka.

"Penyelidikan awal menunjukkan bahwa insiden itu yang menjadi penyebab kematian nakhoda kapal," terang juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Chen Chung-chi dalam konferensi pers.

"Kami meminta maaf kepada keluarga nakhoda kapal dan akan menyampaikan langsung belasungkawa kami kepada mereka," imbuhnya.

Chen Chung-chi menyebut ketiga awak kapal mengalami luka ringan dan telah meninggalkan rumah sakit di Tainan, usai mendapat perawatan medis.

Rudal itu ditembakkan saat latihan militer pada Jumat (1/7) sekitar pukul 08.10 waktu setempat, dari sebuah kapal seberat 500 ton yang berlabuh di pangkalan laut di kota Tsoying, Taiwan bagian selatan. Rudal itu mengudara tepat ke arah daratan China.

Angkatan Laut Taiwan menyebut, rudal itu mengenai kapal nelayan, tapi tidak meledak dan tidak juga menenggelamkan kapal nelayan itu. Sejumlah helikopter dan kapal militer Taiwan telah dikerahkan untuk mencari rudal yang jatuh ke laut itu.

Masih belum diketahui secara jelas bagaimana rudal yang memiliki jangkauan 300 kilometer, itu bisa diluncurkan. Namun dugaan awal menunjukkan terjadinya kesalahan manusia dalam insiden ini.

Dewan Urusan Daratan Utama Taiwan, yang mengurusi kebijakan China, menolak mengungkapkan apakah insiden ini telah dilaporkan ke Beijing. Komunikasi resmi antara Dewan itu dengan mitranya di China telah dibekukan oleh otoritas China, sejak pemerintahan baru Taiwan menolak mengakui konsep 'satu China'.

Presiden Tsai Ing-wen dari Partai Progresif Demokrat (DPP) yang skeptis terhadap China, terpilih dalam pemilu Januari lalu. Otoritas China sangat tidak mempercayai Presiden Tsai, yang partainya menggantikan Kuomintang (KMT) yang ramah dengan China.
Kapal Perang Taiwan Tak Sengaja Luncurkan Rudal ke China Kapal Perang Taiwan Tak Sengaja Luncurkan Rudal ke China Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/01/2016 03:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.