Kapolri: Atun, Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan

Jumiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima saat diamankan
Penampakan Atun alias Bunga alias Umi Delima saat diamankan. (Foto: Beritasatu.com)
Istri kedua dari pemimpin kelompok Mujahid Indonesia Timur (MIT) Santoso, Jumiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima, telah diamankan polisi pada Sabtu, 23 Juli 2016. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Delima ditangkap di pengunungan desa Tambrana, Poso, Sulawesi Tengah.

"Istri kedua Santoso tertangkap di daerah pegunungan Tambrana," kata Tito usai acara Bhakti Sosial di GOR Cendrawasih, Cengkareng Jakarta Barat, Sabtu, 23 Juli 2016, seperti diberitakan Viva News.



"Sementara Delima ditangkap, tapi ada juga di Solo terkait dengan Nur Rochman dua hari lalu dan hari ini ada juga yang ditangkap. Akan kita umumkan setelah pemeriksaan selesai," ujarnya.

Tito mengatakan, sampai saat ini belum diketahui barang bukti apa yang diamankan dari istri pria yang akrab disapa Abu Wardah tersebut. Sampai saat ini tim gabungan juga masih melakukan pemeriksaan secara intensif.

"Yang bersangkutan akan diperlakukan secara baik, terutama oleh para Polwan nanti," ujarnya.

"Kami akan tes kesehatan terlebih dahulu. Baru kami periksa terkait keterlibatannya," jelas Tito.

Sementara dilansir Tempo.co, Atun dicokok di wilayah Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, oleh Satgas Tinombala. Tim ini membawa wanita itu ke Kotis Sektor 1, Poso Pesisir Utara.

“Ditangkap pagi sekitar pukul 08.00 WITA, istri Santoso itu tertangkap,” kata seorang anggota Satuan Tugas Tinombala di Poso, Sabtu 23 Juli 2016.

Sebelumnya, Atun diduga lolos dari penyergapan Tim Gabungan Polri dan TNI dalam Operasi Tinombala II pada 18 Juli 2016 di wilayah hutan Desa Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, yang menewaskan Santoso alias Abu Wardah dan anak buahnya, Mukhtar. Dalam baku tembak pada sore itu, satu pria dan dua wanita berhasil kabur. Mereka antara lain Basri dan Jumiatun Muslim. Penangkapan Atun alias Umi Delima tadi bermula dari patroli Satgas Tinombala. Sekitar pukul 08.00 WITA, pasukan mencurigai sebuah gubuk. Penyergapan pun dilakukan. Tanpa kesulitan Satgas Tinombala merangsek dan menemukan Umi Delima di situ. Dia ditangkap tanpa perlawanan. Dengan tertangkapnya Umi Delima, Satgas Tinombala memburu 18 orang lagi anggota kelompok Santoso. Sudah sepuluh anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur di bawah Santoso ditangkap dalam keadaan hidup. Sedangkan 16 lainnya, tewas akibat peluru aparat.
Kapolri: Atun, Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan Kapolri: Atun, Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan Reviewed by Amborsius Ambarita on 7/22/2016 11:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.